Sebelum Hari Raya Idul Adha, Distankanhut Kudus Laksanakan Pencegahan Penyakit Ternak

Sebelum Hari Raya Idul Adha, Distankanhut Kudus Laksanakan Pencegahan Penyakit Ternak

Kudus, isknews.com – Menjelang perayaan hari raya Idul Adha Dinas Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Kabupaten Kudus melakukan pencegahan penyakit yang ada diternak, Pencegahan penyakit dilakukan dengan pengecekan darah, urine, hingga keadaan fisik dari ternak tersebut.

Pelaksanaan pencegahan penyakit pada ternak itu dilakukan jauh – jauh hari pada bulan puasa hingga saat ini, agar untuk memastikan bahwa ternak yang akan dijual atau dijadikan sebagai kurban harus benar – benar sehat baik dari fisik luar maupun dari dalam.

TRENDING :  Budidaya Cacing Tergolong Usaha Dengan Prospek Menggiurkan

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Kabupaten Kudus Catur Sulistiyanto, S.Sos, MM melalui Kabid Peternakan Drh Sa’diyah saat ditemui oleh isknews.com Rabu, (10/8) mengatakan Pencegahan penyakit sudah dilakukan kepada seluruh kelompok peternak maupun penjual ternak yang ada di Kabupaten Kudus, sehingga hingga saat ini belum ditemukan penyakit yang cukup serius seperti penyakit menular atau lainnya.

TRENDING :  Kampung Konservasi Kelor Blora Curi Perhatian Dunia

“kami sudah melakukan kroscek dibeberapa kelompok ternak maupun penjual ternak yang ada di Kabupaten Kudus, yang dimulai dari pengambilan sample darah, urine, dll untuk diamati apakah ternak itu terkena penyakit atau tidak” katanya.

Sejauh ini dari ternak yang ada di Kabupaten Kudus penyakit yang ada merupakan penyakit ringan atau penyakit biasa seperti cacingan, dari data yang ada di Dinas Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Kabupaten Kudus mencatat ada 350 ekor ternak yang terkena penyakit cacing. Dalam hal ini kami memberikan vitamin kepada ternak tersebut agar makannya banyak dan sehat tentunya dan diberikan obat vitamin jauh – jauh hari sebelum ternak itu akan dipotong.(SM/FT)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post