Sebenarnya, Siapa Pencipta Joglo Pencu?

by
Sebenarnya, Siapa Pencipta Joglo Pencu? ISKNEWS.COM
Foto: Joglo pencu yang ada di Museum Kretek Kudus, Kamis (28-06-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEW.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Joglo Pencu begitu orang Kudus menyebutnya. Bangunan unik dan artistik ini menjadi cermin akulturasi budaya di Kabupaten Kudus. Terbuat dari 90% kayu jati berkualitas tinggi dan bangunan yang bisa dibongkar pasang, membuat rumah adat ini tahan bencana gempa.

Bangunan dengan ukiran bernilai seni tinggi ini tidak dapat dipisahkan dari keberadaan Kyai Telingsing. Seorang ulama yang memiliki jiwa seni tinggi ini berkontribusi dalam menciptakan Joglo Pencu.

Kabid Kebudayaan, dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Sutiyono, mengatakan bahwa penemu rumah adat Kudus adalah Mbah Rogo Moyo. Ulama asal Desa Kaliwungu ini merupakan murid dari Kyai Telingsing.

TRENDING :  Soal Tuntutan Pesangon Pekerja PT PR GG, Perusahaan Minta Waktu Jual Aset

“Karena Mbah Rogo Moyo merupakan murid dari Kyai Telingsing. Sehingga proses terciptanya rumah kebanggan masyarakat Kudus ini, tidak dapat dipisahkan dari keberadaan Kyai Telingsing sebagai seniman ukir khas Kudus,” katanya, Kamis (28-06-2018).

TRENDING :  BPJS Pertemuan Tim Kendali Mutu dan Kendali Beaya

Pada eranya, Kyai Telingsing dikenal dengan aliran ukirnya yang diberi nama Sun Ging. Dari aliran ukir inilah yang memprakarsai munculnya rumah adat Kudus. Seperti pada umumnya rumah ada masyarakat Jawa. Rumah ada di Kudus banyak terletak di dekat aliran sungai.

TRENDING :  Pengunjung Taman Kesal, Air Wudhu Di Mushola Balai Jagong Sering mampet

KOMENTAR SEDULUR ISK :