Sedekah Bumi Desa Kedalingan Gelar Kirab Budaya

Pati,isknews.com  (lintas pati) – Dalam rangka sedekah bumi atau bersih Desa, warga Kedalingan menggelar acara kirab budaya (30/8). Kirab budaya yang merupakan tradisi tahunan tersebut,  rute kirab start dari pertigaan depan rumah Kades Kedalingan kemudian mengelilingi jalan-jalan diwilayah Desa Kedalingan hingga finish di Punden.

Acara yang  dimulai pukul 15.00 diberangkatkan oleh Hj.Sri Wulan SE anggota DPR RI komisi IX dan di ikuti oleh siswi SD Kedalingan, didampingi Kepala Desa Kedalingan dan para perangkat, RT, RW serta warga setempat yang juga ikut serta meramaikan acara kirab.

Baca Juga :  POLSEK JUWANA GIAT MELAKSANAKAN OPERASI PEKAT

Tak hanya itu dalam kirab di ramaikan oleh drum band Cakra Nada Tama Jaya dari SMK Tama School Jakenan. Acara tersebut juga diamankan oleh Koramil 20 Tambakromo, Polsek Tambakromo dan anggota Linmas Desa Kedalingan.

Prosesi kireab gunungan berakhir di Punden, setelah sampai punden, puncak acarapun di lakukan oleh seluruh warga yang hadir yaitu tradisi rebutan gunungan  untuk saling dilemparkan.

Baca Juga :  Komunitas Pecinta Alam Muria Adakan Bersih-Bersih Air Terjun Monthel

Kades Kedalingan mengatakan kepada isknews.com lintas pati “bahwa tradisi tersebut adalah tradisi turun temurun dari dahulu, tujuannya adalah sebagai wujud syukur. dan harapannya kedepan masyarakat kedalingam bisa mendapatkan hasil pertanian lebih melimpah lagi.” ujar Joko kades Kedalingan. (mega)

APA KOMENTAR SEDULUR ISK ?