Sedekah Bumi Desa Slungkep Arak Gunungan dan Nasi Tumpeng

oleh
Masyarakat Desa Slungkep, Kecamatan Kayen mengarak tumpeng dan memperebutkan gunungan saat menggelar bersih bumi, Jum at (03-08-2018) siang kemarin. (Ivan Nugraha)

Pati, ISKNEWS.COM – Siang itu, Jum at (03-08-2018) ribuan masyarakat Desa Slungkep Kecamatan Kayen tidak terhalangi niatnya meski matahari tengah terik. Mereka sangat antusias mengikuti jalannya prosesi Bersih Desa.

Bersih desa yang dilakukan setiap tahun dan menjadi simbol rasa syukur masyarakat tersebut ditandai dengan diaraknya gunungan berisi hasil bumi, mengelilingi desa. Namun uniknya, tidak hanya gunungan hasil bumi, dalam prosesi tersebut juga diarak nasi tumpeng dengan jumlah yang tidak sedikit.

TRENDING :  Desa Blaru Isi Perangkat Tanpa Mengutip Beaya Sepeserpun, Desa Yang Lain Mengapa Tidak?

Panitia acara, Zainuri mengungkapkan, kegiatan metri desa ini sebagai ujud rasa syukur masyarakat Slungkep kepada Maha Pencipta, karena selama setahun ini mereka diberi rezeki dan lancar dalam menjalankan berbagai kegiatan, khususnya dibidang pertanian yang hasilnya melimpah.

“ini adalah ungkapan rasa syukur kami, yang ditandai dengan mengarak tumpeng dan gunungan yang terbuat dari hasil bumi kami seperti padi, ketela dan masih banyak lagi,” ungkapnya.

TRENDING :  Pati Bakal Punya “Panjawi Pati Adventure Park” Wahana Wisata Air Berkelas Nasional
Masyarakat Desa Slungkep, Kecamatan Kayen mengarak tumpeng dan memperebutkan gunungan saat menggelar bersih bumi, Jum at (03-08-2018) siang kemarin. (Ivan Nugraha)

Setelah diarak keliling desa, masyarakat akan memperebutkan tumpeng dan gunungan tersebut. Kebanyakan warga sangat antusias karena mereka mempercayai jika mendapatkan bagiannya akan mendapat rezeki.

“Warga sangat antusias, walaupun jumlah tumpeng tahun ini tidak sebanyak tahun lalu tetapi kita tetap bersyukur,” katanya.

Kepala Desa Slungkep, Margono pun menambahkan, gunungan merupakan sebuah simbolisasi yang sangat adi luhung.

TRENDING :  Dua Pekan Hidup di Tenda, Seorang Janda Korban Kebakaran Dapat Bantuan Rumah

Gunungan merupakan simbol sebuah keinginan yang terpusat. Artinya, warga Desa Slungkep ini mempunyai tujuan dan harapan yang sama.

“Dengan adanya sedekah bumi ini semoga masyarakat bisa lebih bersatu, dan selama setahun kedepan bisa mendapatkan limpahan rezeki, diberi kesehatan serta desa kami tetap aman dan tentram ,” pungkasnya.(IN/RM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :