Sedekah Bumi Desa Tempur, Sediakan Kopi Gratis Bagi Wisatawan

oleh
Jepara, isknews.com (Lintas Jepara) – Ribuan masyarakat Desa Tempur Kecamatan Keling, melakukan kirab jembul yang berupa gunungan raksasa berisi aneka hasil bumi masyarakat setempat. Kegiatan ini merupakan puncak acara sedekah bumi yang diselenggarakan masyarakat Desa Tempur. Tidak hanya itu, wisatawan dan pengunjung bisa menikmati sajian kopi tempur gratis yang disediakan oleh masyarakat desa. Desa Tempur selama ini memang dikenal sebagai salah satu daerah penghasil kopi terbaik di Jepara. Komoditas andalan ini bahkan sudah menembus pasar ekspor.

Petinggi Desa Tempur Sutoyo mengatakan, upacara sedekah bumi ini, merupakan ritual yang dilakukan masyarakat Desa Tempur yang berarti menyedekahi bumi atau niat bersedekah untuk kesejahteraan bumi. “Bumi yang hakikatnya sebagai tempat hidup, sudah selayaknya kita sebagai manusia untuk ikut menjaga dan mendo’akan agar keselamatan dan kesejahteraannya tetap terjaga,” ujarnya.

TRENDING :  24 Petinggi Baru Diberi Pembekalan

Dalam kirab budaya tersebut, aneka jenis jembul yang berisi hasil bumi masyarakat desa, seperti padi, ketela, sayur, buah secara simbolis diserahkan kepada petinggi desa. Tidak ketinggalan adalah kopi yang saat ini menjadi salah satu komoditas pertanian masyarakat desa tempur. Dalam prosesinya, masyarakat mengarak jembul dari bawah, untuk diserahkan kepada petinggi mereka. Jembul ini nantinya, akan dimasak dan dimakan secara bersama sama.

TRENDING :  Masuki Kemarau, Petani Garam Mulai Garap Lahan

BPD Desa Tempur Suhud menambahkan, kegiatan ini dilaksanakan tiap satu tahun sekali. Tepatnya setiap bulan apit Jumat wage. Kegiatan sedekah bumi ini, sudah dilakukan sejak seminggu lalu. Yaitu dengan ziarah ke punden sesepuh desa Mbah Romban. Selanjutnya, dilanjutkan dengan pengajian Al Qur’an bil goib dan Tahlil. “Sedangkan jembul ini, adalah puncak perayaan sedekah bumi desa,” katanya.

Kemeriahan sedekah bumi desa tempur, juga dapat dilihat di wilayah dukuh Duplak Desa setempat. Pada malam harinya, ribuan masyarakat desa tempur menghadiri kegiatan pengajian umum di wilayah tersebut. masyarakat yang hadir juga bisa menikmati sajian kopi tempur gratis yang diberikan oleh masyarakat. Beberapa hiburan yang tidak terlewatkan diantaranya yaitu, ketoprak dan tayub yang saat ini cukup digandrungi oleh masyarakat.

TRENDING :  Sedekah Bumi Desa Kudur : Bagikan Gunungan dan Bancakan Ke Tetangga Desa

Diharapkan dengan adanya, karnaval budaya masyarakat desa Tempur ini, juga dapat menarik wisatawan untuk menyaksikan secara langsung di Desa Tempur. Tidak hanya melihat jembul dan pesta rakyat tersebut, masyaraat juga bisa menikmati keindahan alam yang ada di di Desa Tempur, seperti halnya gardu pandang Bejagan serta situs Candi Angin yang berada di dukuh Duplak desa Tempur. (ZA)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Comments are closed.