Segera Bawa ke Rumah Sakit Jiwa jika Penderita Kejiwaan Terlihat Agresif

by
ISKNEWS.COM
dr. Inna Soesanti Winoto, psikiater rumah sakit Keluarga Sehat Hospital (KSH), saat dikonfirmasi isknews.com.

Pati, ISKNEWS.COM – Peranan keluarga pada penderita kejiwaan dinilai penting, karena penderita dengan karekteristik yang agresif rentang berpotensi melakukan tindak kekerasan.

Perihal tersebut disampaikan, dr. Inna Soesanti Winoto, psikiater rumah sakit Keluarga Sehat Hospital (KSH), dia mengemukakan kasus yang terjadi di Desa Tamansari, Kecamatan Tlogowungu beberapa hari yang lalu, yaitu dugaan adanya kekerasan yang dilakukan penderita kejiwaan, dinilai perlu untuk dijadikan pembelajaran oleh keluarga penderita kejiwaan.

“Perlu diperhatikan, bahwa penderita gangguan kejiwaan dapat kembali ke stabil termasuk dalam beraktivitas, bekerja, hingga berkeluarga seperti orang lainnya. Namun tentu saja harus tetap dikontrol agar jangan sampai kambuh kembali,” jelas Inna.

TRENDING :  Pelantikan Ratusan Anggota SBH Kudus Berlangsung Hikmat

Penderita ganggua jiwa akan dapat diprediksi ketika terlihat adanya perubahan pada pasien, misalnya dia kelihatan agresif atau marah-marah, saat itulah lebih baik dibawa ke rumah sakit. Untuk mendapatkan perawatan.

TRENDING :  Pemkab Pati Dukung Implementasi Kebijakan OSS

“Kalau penderita berprilaku tenang, bisa dilakukan perawatan jalan, tetapi kalau dia melakukan tindakan yang agresif dan melakukan, lebih baik segera dibawa ke rumah sakit jiwa, supaya mendapatkan perawatan khusus,” lanjutnya.

TRENDING :  Polisi Bekuk Pelaku Penggelapan Daihatsu Milik Warga Pagerharjo

KOMENTAR SEDULUR ISK :