Sejumlah Bahan Makanan Diuji Laboratorium

oleh
Sejumlah Bahan Makanan Diuji Laboratorium
Foto: Pantaun sejumlah komoditas ke pasar tradisional. (Istimewa)

Jepara, ISKNEWS.COM – Berbagai macam bahan makanan dan minuman yang diduga mengandung zat berbahaya, masih beredar di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Jepara. Hal ini, berdasarkan hasil monitoring yang dilakukan oleh Asisten II Setda Jepara, Mulyaji bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), pada Kamis (7-6-2018).

Asisten II Setda Jepara Mulyaji mengatakan, dari hasil monitoring di, tim mencurigai sejumlah bahan makanan dan minuman yang diduga mengandung zat berbahaya, seperti boraks, rhodamin B, formalin. ”Kita sudah mengambil sampel beberapa jenis makanan dan minuman dari para pedagang, dan dibawa ke laboratorium untuk diidentifikasi lebih lanjut,” kata Mulyaji.

TRENDING :  Perampok Bersenpi Gasak Uang dan Perhiasan

Pengawas Makanan Daerah Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara Retno Kusbandiyah mengatakan, untuk di Pasar Kelet, beberapa makanan yang dibawa untuk diuji laboratorium diantaranya yaitu, mie basah yang diduga mengandung formalin, cendol warna merah yang diduga mengandung pewarna textile (Rhodamin B), gempol, cincau, klepon yang diduga mengandung formalin. “Semua sampel ini akan kami bawa, untuk diuji kandungannya,” kata dia.

TRENDING :  dr Maryata : Tips Paling Aman Melihat Gerhana Matahari Total Adalah Lewat Layar Televisi

Sementara di Pasar Bangsri, tim monitoring menemukan dawet atau cendol berwarna mencolok, yang diduga mengandung pewarna textile serta berbagai macam ikan asin, yang diduga mengandung formalin. “Secara kasat mata ini sudah terlihat, biasanya ikan yang mengandung formalin teksturnya kuat, lentur dan tidak mudah rusak,” kata dia. (ZA/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :