Sekolah di Pati Terbanyak Terapkan Full Day School

Sekolah di Pati Terbanyak Terapkan Full Day School

Pati, isknews.com (Lintas Pati) – Dari 32 sekolah yang menerapkan Full Day School (FDS) se-Karesidenan Pati. Kabupaten berjuluk Bumi Mina Tani tempati urutan pertama, meski masih menjadi pro dan kontra sejumlah pihak, tak menyurutkan sejumlah sekolah di Pati untuk tetap menerapkan kebijakan sekolah lima hari yang digagas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy itu.

“Menurut data, ada sebanyak 32 Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang menerapkan full day school. SMA ada delapan dan SMK ada empat,” ungkap Kepala Balai Pengendali Pendidikan Menengah dan Khusus (BP2MK) Wilayah II Pati, Santoso, Sabtu (12/08/2017).

Kabupaten Pati merupakan yang paling banyak menerapkan FDS yakni sebanyak 12 sekolah. Dilanjutkan, Kabupaten Kudus dengan lima sekolah, Jepara empat sekolah, Rembang empat sekolah, dan terakhir Kabupaten Blora sedikitnya ada tujuh sekolah.

TRENDING :  Warga Kudus Diimbau Tak Ikut Aksi Bela Rohingya di Candi Borobudur

“Sekolah yang telah menerapkan itu yakni SMA N 1 Pati, SMA N 2 Pati, SMA N 3 Pati, SMAN Tayu, SMA N Juwana, SMA N Jakenan, SMA N Batangan, SMA N Kayen, SMK N 1 Pati, SMKN 2 Pati, SMKN 3 Pati, dan SMK N 4 Pati,” beber Santoso.

TRENDING :  Polemik Penarikan Sekdes PNS, BKD Blora Digugat Sekdes

Sementara itu, Kepala SMK N 3 Pati, Sunoto mengatakan, saat ini Permendikbud terkait FDS sudah dirubah menjadi Perpres. Meski, tidak diwajibkan namun bagi sekolah yang sudah siap dipersilakan untuk menerapkannya.

TRENDING :  Pesan Moral Luar Biasa, Belajar "ILMU ANGSA"

“Kami juga berupaya menekankan agar dalam proses kegiatan belajar mengajar (KBM) penanaman pendidikan karakter. Salah satu evaluasinya dalam proses pembelajaran juga harus menyenangkan. Termasuk untuk mempersiapkan sarana dan prasarana seperti kantin dan tempat ibadah,” tuturnya. (ZA)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post

Comments are closed.