Sektor Perikanan Alami Peningkatan

oleh

Pati, ISKNEWS.COM – Industri perikanan di Kabupaten Pati terus mengalami peningkatan seiring dengan banyaknya pabrik pengolahan ikan, baik dari dalam daerah maupun dari luar daerah yang terus menambah permintaan. Bahkan, untuk konsumsi lokal sendiri, terkadang para tengkulak kuwalahan untuk mencukupinya.

Emi Yuliati, salah seorang bakul di TPI II Juwana mengakui hal tersebut. Untuk pola konsumsi masyarakat, saat ini memang lebih banyak di ikan laut. Sementara untuk ikan bandeng, permintaan datang dari wilayah semarang.

TRENDING :  Tangkal Radikalisme, MWC NU Pucakwangi Dirikan Studio Radio FM.

“Ada juga ikan laut yang sudah dipesan oleh eksportir maupun pabrik pengolahan ikan. Tetapi para nelayan biasanya juga menyisakan untuk sekedar konsumsi masyarakat. jumlahnya juga tidak seberapa,” ungkapnya, Kamis (1/11/2018).

Menurutnya, dalam kurun waktu dua bulan terakhir, pihaknya selalu kuwalahan untuk menuruti permintaan para pedagang pengecer di perkampungan. Mengingat, jumlah tangkapan nelayaan saat ini menurun. Sehingga, hal itu juga berpengaruh terhadap jumlah lelang yang di lakukan setiap harinya.

TRENDING :  Tarik Investasi, Puluhan Dubes Diundang ke Jepara

“Nelayan di Juwana ini kan tangkapannya tidak hanya di pulau Jawa saja, tetapi sudah sampai ke Papua. Biasanya, ikan tidak langsung di bawa pulang ke Jawa, tetapi di jual di daerah sana untuk mengurangi beban kapal. Kemudian hasil tangkapan selanjutnya, baru di bawa pulang untuk dilelang di TPI Juwana,” terangnya.

Secara terpisah, Wakil Bupati Pati Saiful Arifin mengatakan, pembangunan proyek pembangunan tambat kapal seluas 12 hektar are tersebut, nantinya tidak sepenuhnya digunakan untuk tempat penyandaran kapal. Akan tetapi, 8 hektar untuk industri perikanan dan 4 hektar untuk tempat tambat kapal.

TRENDING :  Rp 1,8 Milyar Untuk Rehab dan Percantik Pendopo Kabupaten Pati

“Ini merupakan asset daerah, pembebasan lahan juga menggunakan uang daerah. Apabila nanti sudah terbentuk industri perikanan di sini, tentunya Pati akan semakin maju. Semoga saja ada investor yang masuk ke wilayah sini untuk mengembangkan itu,” tutupnya. (WR/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :