Selama Empat Bulan Mendatang, Dana Alokasi Umum Kabupaten Pati Tahun 2016 Alami Penundaan

Pati, isknews.com Lintas Pati – Selama tiga bulan Dana Alokasi Umum (DAU) Kabupaten Pati tahun 2016 akan mengalami penundaan yang dimulai pada bulan September nanti hingga Desember 2016 mendatang, hal ini tertulis dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor: 125/PMK.07/2016 tanggal 16 Agustus 2016 yang ditanda tangani oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani, telah memutuskan melakukan penundaan penyaluran sebagian Transfer ke Daerah, yang diperhitungkan sebagai kurang bayar untuk dianggarkan dan disalurkan pada anggaran berikutnya sesuai kemampuan keuangan negara.

Dalam PMK itu disebutkan, penentuan daerah dan besaran penundaan penyaluran sebagian Dana Alokasi Umum sebagaimana dimaksud, didasarkan pada perkiraan kapasitas fiskal, kebutuhan belanja, dan posisi saldo kas di daerah pada akhir tahun 2016, yang dikategorikan sangat tinggi, tinggi, cukup tinggi, dan sedang.

Baca Juga :  Tanggal 16 dan 23 Agustus CFD LIBUR

Dengan kriteria seperti itu, Menkeu menetapkan penundaan dilakukan terhadap penyaluran Dana Alokasi Umum (DAU) Tahun Anggaran 2016 untuk 169 daerah itu diantaranya merupakan Kabupaten Pati.

Penentuan daerah dan besaran penundaan penyaluran sebagian DAU tersebut didasarkan pada tiga kriteria. Pertama, perkiraan kapasitas fiskal daerah. Kedua, kebutuhan belanja daerah. Ketiga, posisi saldo kas di daerah pada akhir tahun 2016, yang dikategorikan menjadi sangat tinggi, tinggi, cukup tinggi, dan sedang. Rincian daerah dan besaran penundaan penyaluran sebagian DAU tercantum dalam lampiran PMK tersebut.

Baca Juga :  Hilangkan Rasa Takut Terhadap Polri, Polres Kudus Gencar Lakukan Penyuluhan

Penundaan penyaluran sebagian DAU ini sendiri dilakukan dalam rangka pengendalian pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2016. Jika realisasi penerimaan negara mencukupi, nantinya, DAU yang ditunda penyalurannya tersebut dapat disalurkan kembali pada tahun 2016, sebelum akhir tahun anggaran. Namun, jika belum dapat disalurkan tahun ini, penyaluran kembali DAU tersebut akan dilakukan pada tahun selanjutnya, dengan memperhitungkan kemampuan keuangan negara.(SM)

APA KOMENTAR SEDULUR ISK ?