Selama Tahun 2016, Tercatat 7.025 Pencari Kerja Di Kabupaten Kudus

Selama Tahun 2016, Tercatat 7.025 Pencari Kerja Di Kabupaten Kudus

Kudus, Isknews.com – Berdasarkan hasil rekap Kartu Kuning AK-1 ( Kartu Pencari Kerja) yang dilakukan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Kudus selama Januari hingga bulan Desember 2016 terdapat 7.025 pencari kerja, jumlah tersebut terbagi atas 3.291 laki-laki dan 3.734 perempuan.

Peningkatan jumlah pencari kerja di Kabupaten Kudus diawali saat tahun ajaran baru dan usai wisuda. ” Sementara pada bulan selanjutnya tidak bisa kita tentukan dan jumlahnya fluktuatif,” ujar Samsu Naryadi, Kasi Pembinaan Penempatan Pelatihan dan Produktifitas Tenaga Kerja Kabupaten Kudus.

TRENDING :  Hari Ini PT Djarum Bagikan THR

Hal ini juga berlaku saat ada lowongan dari sejumlah perusahaan di Kota maupun Kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Tengah. “Otomatis ketika mereka mendaftar ke sini namanya sudah diganti kartu antar kerja I atau yang disebut kartu kuning,” katanya.

TRENDING :  Posko Pengaduan THR Didirikan Dinas Tenaga Kerja Pati

Setelah mendapatkan kartu tersebut otomatis perusahaan penerima kerja mengembalikan ke Dinsosnakertrans, sayangnya tak semua perusahaan mengembalikan.

” Seharusnya itu kewajiban perusahaan dan kesadaran untuk mengembalikan kartu tersebut sehingga kita dapat memantau jumlah yang telah diterima kerja,” tambahnya.

Dalam peraturan yang berlaku disebutkan jika perusahaan tidak mengembalikan selama enam bulan maka data yang bersangkutan akan dihapuskan sebagai pencari kerja.

TRENDING :  PNS Banyak Pensiun, Pemkab Jepara Optimalkan THL

Dari data pencari kerja tersebut jumlah terbanyak didominasi lulusan SMA dan sisanya jenjang S1, di lanjut SMP dan Strata 2. “Kalau rinciannya berdasarkan kuisioner ada yang ingin berkerja di perusahaan, persiapan menuju kerja dan bahkan mereka yang sudah berkerja dan menginginkan perusahaan lain,” Pungkasnya. (AS)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post