Selayang Pandang Kegagahan Kubah Masjid Menara Kudus

oleh

Masjid Menara Kudus adalah salah satu masjid tertua di pulau Jawa dan merupakah salah satu masjid yang mempunyai peranan penting dalam penyebaran islam di pulau jawa. Nama lain masjid ini adalah Masjid Al-Aqsa atau Masjid Al-Manar. Dibangun pada tahun 1549 oleh Sunan Kudus, bangunan masjid merupakan perpaduan antara budaya Hindu dan Islam sehingga menara tersebut bentuknya seperti candi. Ini adalah cara Sunan Kudus berdakwah pada masyarakat yang masih menganut kepercayaan Hindu/Budha pada masa itu.
Keindahan Masjid Menara Kudus, mengingatkan kita kembali akan pentingnya menjaga toleransi antarumat beragama yang telah ada sejak lama. Perbedaan agama bukanlah alasan untuk saling menonjolkan ajaran, menyombongkan panutan. Namun, dengan agama yang berbeda kita malah justru harus bisa dipersatukan dalam suasana indah dan mesra.
Selayang pandang kegagahan Kubah masjid diantara pemukiman peduduk yang semakin tahun semakin padat. Puncak bangunan masjid yang berada ditengah atap memiliki akulturasi berarsitektur stainless steel. Interior kubah yang bergaris keatas tidak hanya berfungsi sebagai ciri khas bangunan tempat beribadah, tetapi juga menjadi penghias keindahan Menara Kudus dimalam hari.
@Rya

KOMENTAR SEDULUR ISK :
TRENDING :  AYAM ISTIMEWA BUAT SYARAT