Semakin Tak Terbendung, Harga Cabai Tembus Rp 100 Ribu Per Kilogram

Kudus, ISKNEWS.COM – Harga cabai di awal tahun 2017 semakin menunjukkan kenaikan yang sangat tinggi mencapai Rp 100 ribu per kilogram. Kenaikan ini baru terjadi sekitar empat hari terakhir. Sebelumnya harga cabai berada pada kisaran Rp 70 ribu per kilogram.

 

Pantauan Dinas Perdagangan pagi tadi, Rabu (04/01/2017) di tiga pasar tradisional yakni Pasar Bitingan, Pasar Kliwon, dan Pasar Jember kenaikan paling drastis ditunjukkan pada cabai rawit merah dengan rata-rata harga per kilogram Rp 100 ribu per kilogram.

“Beberapa hari kenaikan memang luar biasa. Penyebabnya karena memang sedang tidak musim sehingga pasokan di pasar sangat minim,” kata Kepala Dinas Perdagangan Sudiharti melalui Kasie Fasilitasi Perdagangan Teddy Hermawan.

Dia menuturkan, selain cabai rawit merah masih dalam harga normal. Meski tergolong mahal namun tidak ada kenaikan yang cukup signifikan. “Seperti cabai merah besar biasa teropong stabil Rp 60 ribu per kilogram. Sedangkan cabai mrah besar keriting Rp 40 ribu,” imbuhnya.

Terakhir cabai rawit hijau juga terpantau masih dalam kisaran Rp 55 ribu per kilogram. Dia memperkirakan kondisi ini akan berangsur normal kembali satu minggu ke depan. “Setelah pasokan normal harganya juga kembali normal,” pungkasnya. (MK)

Facebook Comments