Semarak Kirab Kupatan di Sendang Jodo

oleh
Kegiatan kirab kupatan sendang jodo di Desa Purworejo, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, Jumat (22-06-2018). (Istimewa/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Perayaan tradisi Kupatan di Kabupaten Kudus, Jumat (22-06-2018) secara serentak digelar di lima Desa yang tersebar di lima Kecamatan. Salah satunya dilaksanakan di Desa Purworejo Kecamatan Bae.

Tradisi Kupatan ini sudah menjadi budaya tahunan bagi masyarakat Purworejo. Bertempat di Masjid Al Hikmah Dusun Jambean, ratusan warga sejak pagi berkumpul untuk mengikuti kirab kupatan. Kirab ini nantinya akan berkhir di Sendang Jodo yang menjadi tempat keramat bagi masayarakat Purworejo.

TRENDING :  Lomba Sekolah Sehat Bakal Digelar Bulan Agustus Ini

Ketua Panitia Kirab Kupatan, Tarnuji mengatakan kegiatan kirab kali ini diikuti sekitar 300 orang. Acara yang dimuali dari pukul 07.15 WIB, ini dihadiri oleh Kepala Desa Purworejo, BPD, Karang Taruna, Ketua RT dan RW, Tokoh agama dan Tokoh masyarakat, Babinsa dan Babinkantibnas serta ratusan masyarakat Purworejo.

TRENDING :  Tinggal 4 Hari Lagi Perayaan Syawalan Sendang Jodo Masih Sepi

Dalam sambutannya, Kepala Desa Purworejo, Noor Chamid, mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu pelaksanaan acara Kirab Sendnag Jodo ini. Acara gunungan kupat yang menjadi tradisi tahunan selayaknya dijaga kelestariannya.

“Kami berharap kirab kupatan sendang jodo ini dapat berjalan lancar dan aman, sehingga tahun depan kita dapat berumpa dan menggelar acara ini lebih meriah lagi,” katanya.

TRENDING :  Sisi Lain Dari Tradisi Dandangan, Antara Religiusitas Dan Bisnis

Menurutnya, kirab ini bukan sekedar upaya nguri-nguri budaya. Lebih dari itu, kirab ini dapat menjadi wadah untuk mempererat tali silaturrahim masyarakat Purworejo. Apalagi ini bulan Sayawal, yang menjadi wakt

Kirab kupatan sendang jodo, juga menyuguhkan hiburan dari grup rebana Desa Purworejo, pertunjukan Drumband dari MI NU Islam Gondangmanis dan Orkes Melayu Andalas. (NNC/YM).

KOMENTAR SEDULUR ISK :