Sempat Tertunda, 92 Jemaah Calhaj Dawe Akhirnya Dapatkan Imunisasi Meningitis

oleh
Sempat Tertunda, 92 Jemaah Calhaj Dawe Akhirnya Dapatkan Imunisasi Meningitis ISKNEWS.COM
Foto: Proses vaksinasi meningitis dan influenza di Gedung Rawat Inap Puskesmas Dawe, Sabtu (30-06-2018). (Istimewa)

Kudus, ISKNEWS.COM – Jelang keberangkatan, 92 jemaah calon haji asal Kecamatan Dawe, pagi ini mendapatkan imunisasi meningitis dan influenza. Bertempat di Gedung Rawat Inap Puskesmas Dawe, para jemaah yang rata-rata telah berusia lanjut ini, nampak antusias menjalani vaksinasi.

Penanggungjawab Program Pelaksanaan Haji Puskesmas Dawe, Muhammad Hanafi, mengungkapkan berdasarkan data di sistem pada beberapa minggu sebelumnya, jumlah jemaah yang mengikuti imunisasi ada 98 orang. Namun setelah di konfirmasi, ternyata hanya 92 jemaah yang telah melakukan pelunasan.

TRENDING :  Dampak Pengurangan Dana Cukai, Rehab Jalan Mlatinorowito – Rendeng Ditunda

“Jemaah yang melakukan imunisasi meningitis pada hari ini ada 90 orang. Hal ini disebabkan dua orang diantaranya telah diimunisasi meningitis, saat melaksanakan umroh beberapa waktu yang lalu. Sehingga kami tidak melakukan imunisasi lagi,” tegas Hanafi saat ditemui isknews.com di tempat dinasnya, Sabtu (30-06-2018).

Sempat Tertunda, 92 Jemaah Calhaj Dawe Akhirnya Dapatkan Imunisasi Meningitis  ISKNEWS.COM
Foto: Proses vaksinasi meningitis dan influenza di Gedung Rawat Inap Puskesmas Dawe, Sabtu (30-06-2018). (Istimewa)

Dijelaskannya, imunisasi meningitis ini wajib dilakukan, untuk melindungi jemaah calon haji dari resiko penularan meningitis atau infeksi selaput otak dan sumsum tulang. Dalam kegiatan ini jemaah juga dianjurkan untuk mengikuti imunisasi influenza guna pencegahan penyakit MERS Co-Virus.

TRENDING :  BPJS Kesehatan Luncurkan Aplikasi Mobile Screening Berbasis Android

“Imunisasi meningitisnya bersifat wajib dan gratis, sedangkan untuk imunisasi influenza dikenakan biaya sebesar Rp. 150 ribu dan bersifat anjuran,” ujarnya.

Sembari melakukan vaksinasi, Hanafi juga melakukan sosialisasi kepada para jemaah calon haji yang tengah menunggu giliran. Bersama dr. Nor Hasyim Afro, mereka menyampaikan hal-hal yang harus diperhatikan selama menjalani ibadah haji dan manfaat melakukan vaksinasi.

TRENDING :  Ini Info Lengkap Perkembangan Banjir di Kudus

“Pada sosialisasi ini kami lebih menjelaskan bagaimana cara menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah haji di sana. Dari pola konsumsi makan, pemenuhan asupan cairan hingga pelaksanaan ibadah,” tutup Hanafi. (NNC/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :