Semur Kutuk Yang Lezat Berkhasiat

by
Foto: Andayani, pemilik warung makan Semur Kutuk Bu Anda. (Ivan Nugraha/ISKNEWS.COM)

Pati, ISKNEWS.COM – Ikan Gabus, atau lebih dikenal masyarakat Jawa dengan sebutan Kutuk, adalah jenis ikan air tawar, ikan dengan nama ilmiah Channa striata ini memiliki bentuk fisik cukup besar hingga mencapai 1 m panjangnya. Ikan Gabus atau Kutuk ini memiliki kepala besar sedikit gepeng dan hampir mirip kepala ular. Kutuk termasuk jenis ikan predator, bahwa ikan ini kerap memangsa anaknya sendiri serta ikan-ikan kecil lainnya.

TRENDING :  Selamatkan Pesisir Pantai, TNI Langsungkan Rehabilitasi Hutan Mangrove

Namun siapa sangka, jika ikan Kutuk ternyata sangat kaya akan protein albumin, yaitu jenis protein yang mempercepat penyembuhan pasca operasi dan melahirkan. Zat ini juga membantu pertumbuhan anak dan menambah berat badan orang dengan HIV/AIDS (ODHA). Sebagai pendamping obat TBC. Selain itu, zat gizi yang terkandung dalam ikan ini diperlukan untuk memperkuat imunitas tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Namun meski banyak bermanfaat untuk kesehatan, ikan Kutuk yang hidup di sungai yang tenang saat ini sulit untuk didapat.

Meski sulit didapat, sekarang banyak olahan berbahan dasar ikan tersebut. Di Pati misalnya, ada sebuah rumah makan yang mempunyai olahan khas serba Kutuk. Salah satunya adalah semur dan garang asem Kutuk. Rumah makan Semur Kutuk Bu Anda, terletak di jalan Penjawi, Randu Kuning Pati selalu ramai pengunjung. Kebanyakan para pengunjung ini tertarik dengan menu yang ditawarkan, yaitu semur dan garang asem Kutuk. Tempat kuliner ini memang sengaja menyediakan olahan serba ikan Kutuk, mulai dari Semur, botok, hingga garang asem yang menggunakan bahan dasar ikan Kutuk.

TRENDING :  Ganjar Pranowo, Nikmati Semur Kutuk di Warung Mbah Jenggot
KOMENTAR SEDULUR ISK :