Sentra Industri Jamu Gendong di Desa Kebowan Winong Pati

by
Foto: Jamu tradisional produksi anggota PKK Desa Kebowan, Winong menjadi produk unggulan Pati. (istimewa)

Pati, ISKNEWS.COM – Setidaknya ada 30 lebih warga yang memproduksi jamu tradisional, sehingga tidak heran jika Desa Kebowan, Kecamatan Winong, Kabupaten Pati, menjadi sentra industri jamu gendong.

“Kalau tiga puluh lebih lah, ibu-ibu yang bikin jamu tradisional. Ini sudah lama sekali ada di desa kami, meski sekarang ini sudah mulai agak berkurang jumlahnya,” ujar salah satu anggota TP PKK Desa Kebowan Siti Aminah, saat dihubungi, Kamis (12-04-2018).

TRENDING :  Ribuan Massa Bela Islam, Gelar Aksi Bela Palestina

Ia mengurai, jamu yang diproduksi warga, seperti jamu kunir asam, asam jowo, kunyit, temu lawak, uyup-uyup, daun jati cina, daun sirih, paitan, kayu secang, daun sambiroto dan lain sebagainya.

TRENDING :  Babinsa Bantu Para Petani Saat Tanam

“Untuk pemasaran, biasanya para ibu langsung memasarkannya sendiri dengan cara berkeliling. Di mana, untuk konsumennya beragam. Baik mulai dari anak-anak hingga dewasa,” tambahnya.

Untuk bahan baku, lanjut dia, warga tak perlu pergi ke luar desa, karena rata-rata mereka menanam sendiri di pekarangannya.

TRENDING :  Berkat Kepemimpinan Rubai, Desa Tanjungsari Berkembang Pesat

“Misalkan saja kencur, kunyit, temu lawak dan daun sirih, itu kan bisa didapatkan dari ladang sendiri atau di pekarangan rumah,” ungkapnya.

KOMENTAR SEDULUR ISK :