“Senyum” Jadi Tema Utama Hari Palang Merah Sedunia ke 155 Tahun 2018

oleh
Foto: Ratusan orang peringati Hari Palang Merah Sedunia ke 155 Tahun 2018 di halaman kantor PMI Kudus. (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Organisasi kepalangmerahan Internasional di seluruh dunia memperingati Hari Palang Merah Sedunia yang diperingati pada 8 Mei setiap tahunnya, tak terkecuali di kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kudus.

Ratusan orang memadati halaman PMI Kudus, mulai pukul 7 pagi. “Sekitar 600 orang yang terdiri dari anggota Palang Merah Remaja (PMR) Mula, Madya, Wira, KSR dan TSR, dari berbagai sekolah mapun instansi terkait telah berkumpul guna mengikuti Apel upacara,” jelas Kepala Markas PMI Kabupaten Kudus Arsy, kepada isknews.com, Selasa (8-5-2018).

Dijelaskan Arsy, Setiap tahunnya sejak tahun 1948, 8 Mei diperingati sebagai Hari Palang Merah Sedunia untuk menghargai jasa penemu Gerakan Palang Merah Dunia, Henry Dunant, yang juga lahir di tanggal yang sama.

TRENDING :  55 Pejabat Fungsional di Lingkungan Pemkab Kudus Telah Dilantik

Peringatan Hari Palang Merah Sedunia, lanjutnya, bertujuan untuk menginspirasi, memfasilitasi, dan juga mempromosikan seluruh aktivitas kemanusiaan yang dilakukan oleh Komite Internasional Palang Merah dan anggota Komunitas Nasional yang ikut tergabung. “Selain itu, peringatan tersebut juga digunakan sebagai kesempatan untuk menghargai jasa para relawan dan staf yang berjuang menyelamatkan nyawa orang banyak,” ungkapnya.

Sementara itu, pesan tertulis Pengurus PMI Kabupaten Kudus, Imam Santosa, yang dibacakan Suharto, pembina upacara waktu itu mengatakan, Kali ini Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Sedunia mengangkat “Senyum“ sebagai tema utama.

TRENDING :  Polres Jepara Droping Belasan Ribu Liter Air ke Kedung

Tersenyum merupakan ekspresi wajah yang sangat sederhana, namun simbol universal ini memiliki arti yang penting, baik bagi masyarakat, penerima manfaat maupun bagi PMI.

Dalam konteks peringatan kali ini, senyum berarti rasa bahagia, senang dan kenyamanan yang dirasakan penerima manfaat setelah mendapatkan pelayanan kemanusiaa yang diberikan PMI dimanapun, kapanpun, dan untuk siapapun.

Senyum juga mencerminkan keikhlasan dan keyakinan bagi para petugas dan relawan PMI dalam memberikan layanan kemanusiaan apapun wujudnya.

TRENDING :  Produksi Padi dan Harga Gabah Turun

Begitu besar dan dalam arti senyuman bagi kita. Oleh karenanya, dalam peringatan Hari Palang Merah Sedunia ini kami mengajak seluruh komponen PMI untuk dapat mengungah nilai senyum, terutama bagi para penerima manfaat dengan mengangkat sub tema peringatan “ Senyummu, Bahagiaku “

Ia mengucapkan, “Selamat memperingati Hari Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Sedunia ke 155 Tahun 2018. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa membimbing pengabdian dan komitmen kita untuk kemanusiaan dan menjadikan ladang kebajikan bagi kita semua”. (AJ/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :