Sepak Terjang Pangeran Puger Hantarkan ke Desa Demaan

by
isknews
Makam Pangeran Puger di Desa Demaan, Kecamatan/Kabupaten Kudus, Selasa (13-02-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Asal usul Desa Demaan tidak dapat dipisahkan dari sosok Pangeran Puger yang dimakamkan di sebelah timur Balai Desa Demaan. Pangeran Puger atau Raden Mas Kajuron merupakan putra ke tiga dari raja pertama Kerajaan Mataram Islam yakni, Panembahan Senopati dengan selirnya Nyai Adisara.

Konon, menurut adat Jawa jika seorang raja meninggal, maka digantikan oleh putra mahkota atau Adipati Anom yang dilahirkan oleh parameswari pertama.

Bergulirnya kekuasaan Kerajaan Mataram, dari Panembahan Senopati ke Panembahan Hadi Prabu Hanyokrowati yang merupakan adik dari Pangeran Puger. Membuat Pangeran Puger menuntut tahta terhadap adiknya.

TRENDING :  Tim Gabungan Pemprov Jateng Temukan Mi Basah Mengandung Formalin

Pangeran Puger merasa, bahwa dirinya lebih pantas untuk berkuasa mejadi raja dari Kerajaan Mataram dibandingkan adiknya. Hal tersebut dapat dilihat, dari ketidakhadirannya dalam acara penghormatan adiknya sebagai Raja baru Kerajaan Mataram.

TRENDING :  Jejak Euforia Pasopati Scout Festival di SMK Wisudha Karya Kudus
isknews
Kepala Desa Demaan, M Sugiyono (38) saat ditemui media ini, Selasa (13-02-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM)

Adiknya, Prabu Hanyokrowati menyadari hal tersebut, hingga mengusulkan kepada Ki Adipati Mandaraka untuk mengangkat Pangeran Puger sebagai Adipati Demak pada tahun 1602.

KOMENTAR SEDULUR ISK :