Sepanjang 2017, Ada 2292 Kasus TB di Jepara

by

Jepara, isknews.com (Lintas Jepara) – Sepanjang tahun 2017, kasus Tuberkulosis (TB) di Jepara meningkat cukup signifikan. Berdasarkan catatan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara, setidaknya ada 2292 kasus positif TB baru sepanjang tahun 2017. Temuan sebanyak ini dikarenakan terjadinya koordinasi lintas sektor dan terutama peran kader TB yang aktif dalam melakukan penjaringan TB. Hal ini disampaikan oleh Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit di DKK Jepara M. Fakhrudin, saat audiensi dengan perwakilan Community TB HIV Care Asisyiyah Jepara, Senin (8/1/2018).

TRENDING :  Daftar Pemilih di Kudus Naik 20 Persen

Fakhrudin menyampaikan bahwa TB sangat mudah untuk menular dan butuh masa pengobatan yang lama dan mahal. Untuk itu, katanya, butuh dukungan penganggaran yang berkelanjutan karena prestasi ini berkat dukungan dana dari donor Global Fund (GF) kepada Aisyiyah Jepara pada tahun 2017. Sementara untuk tahun 2018 banyak anggaran kegiatan yang dipangkas dan diharapkan dapat dilanjutkan oleh Pemda.

“Selama ini penganggaran dalam kegiatan penanggulangan TB dirasa belum memadai, padahal permasalahan utama dalam program ini adalah minimnya edukasi masyarakat mengenai pencegahan dan ketidakpatuhan pengobatan TB,” katanya.

TRENDING :  Pengadaan Baliho Sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan Rokok Ilegal Ditiadakan
KOMENTAR SEDULUR ISK :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*