Sering Terendam Banjir Ratusan Buku Perpustakaan SD 3 Kirig Rusak

Sering Terendam Banjir Ratusan Buku Perpustakaan SD 3 Kirig Rusak

Kudus, isknews.com – Ratusan buku perpustakaan sekolah milik SD 3 Kirig, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus, rusak. Kerusakan itu terjadi disebabkan ruang perpustakaan yang digunakan untuk menyimpan buku itu, sering terendam banjir.

Kepala SD 3 Kirig, Abdul Kadir, yang dihubungi isknews.com, Selasa (25/1), di ruang kerjanya, membenarkan hal itu. Menurut dia, letak SD 3 Kirig berada di tanah yang rendah, sehingga jika terjadi banjir yang diakibatkan oleh hujan deras, semua ruang kelas terendam banjir, termasuk ruang UKS dan perpustakaan. Banjir itu berasal dari luapan sawah yang ada di belakang sekolah, meskipun sudah dibangun pagar setinggi 50 centimeter, air masih limpas. “Karena banjir kejadiannya sering pada malam, tidak sempat menyelamatkan barang-barang yang terendam air, termasuk buku-buku perpustakaan. Itu terjadi pada setiap musim hujan.”

Dia menerangkan, jumlah koleksi perpustakaan sekolah SD 3 Kirig, semula mencapai sebanyak 1000 judul lebih. Namun kini, yang bisa diselamatkan dari kerusakan akibat banjir, hanya tinggal sekitar 200 judul yang kini disimpan di gudang milik sekolah. Permasalahan yang dihadapi SD 3 Kirig itu memperoleh perhatian dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) Kabupaten Kudus. Melalui pengadaan proyek yang dibeayai Dana Alokasi Khusus (DAK), SD 3 Kirig diberikan bantuan pembanguan gedung perpustakaan. “Kami dari SD 3 Kirig, sangat berterimakasih, kerena pengajuan bantuan gedung perpustakaan sudah bisa terealisasi. Kini tinggal bagaimana bisa menambah koleksi bukunya.”

Menyikapi kondisi lahan yang rendah, upaya yang dilakukan agar tidak terendam banjir, khususnya halaman sekolah yang juga lapangan upacara, adalah peninggian dengan mengurug menggunakan tanah padas. Itu sudah dilakukan tiga kali, sehingga dinding taman yang semula cukup tinggi, kini hanya seperempatnya. “Untuk bangunan sekolah, beberapa tiang juga sudah mulai ambles. Kalau pada TA 2017 ini, jika SD 3 Kirig direhabilitasi, kami mengusulkan agar ditinggikan 50 centimeter,” ujar Kepala SD 3 Kirig itu. (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :
TRENDING :  Rusak Parah 2 Ruang Kelas SD 3 Kirig Kudus Dikosongkan

Share This Post