Seru, Anak Anak Pandu HW SD Muhammadiyah 1 Ikuti Perkemahan

oleh -1,630 kali dibaca
Sejumlah pandu HW siap diberangkatkan mengikuti kegiatan Hiking (Foto: istimewa)

Kudus, isknews.com – Wajah lelah namun ceria tampak terlihat pada anak anak berseragam Pandu Hizbul Wathan siang tadi.

Ya mereka baru saja mengikuti Hiking, salah satu materi kegiatan yang digelar oleh kakak Pembina pada perkemahan yang sedang mereka ikuti.

Hari itu sekolah mereka sedang memeriahkan rangkaian kegiatan bulan Muharam dan usai melaksanakan Penilaian Tengah Semester (PTS).

Para siswa SD Muhammadiyah 1 Kudus itu sedang mengikuti perkemahan Pandu Hizbul Wathan (HW).

Acara digelar selama dua hari dan dibuka oleh kepala sekolah SD Muhammadiyah 1, Senen Budiharto, dengan menggelar tenda perkemahan di halaman sekolah yang sebagian gedungnya merupakan warisan cagar budaya Kudus.

Menurut Eva, pembina pandu HW SD Muhammadiyah 1, acara digelar selama dua hari satu malam dari hari Jumat hingga Sabtu (28-29/09/2018) yang diikuti oleh 109 peserta dari kelas 4 dan 5 SD swasta tertua di Kudus itu.

Praktik bendera semaphore (Foto : Istimewa)

 

“Selain mengajarkan, disiplin dan tanggungjawab, maksud dari kegiatan ini adalah melatih kemandirian pada anak-anak, agar mereka lebih bisa melakukan sesuatu tanpa harus di urusi oleh orang tuanya,” ungkapnya.

Materi yang diberikan pada kepanduan Hizbul Wathan adalah Semaphore, Pentas Seni dan Hiking, PBB, sandi dan tali temali serta renungan malam dan puncak acara diisi oleh kegiatan Pentas Seni.

“Kami membagi mereka dalam beberapa kelompok, dan setiap kelompok menampilkan atraksinya pada malam pentas seni semalam,” tutur Eva yang juga guru wali kelas 5 ini.

Sementara itu,  salah seorang siswa peserta kemah, Danish Mirza Atharafy  merasa senang mengikuti kegiatan ini. Selain bertambah teman juga mendidik dirinya menjadi mandiri dan tanggung jawab.

“Enak bisa tidur bareng teman-teman sekolah di perkemahan, juga ada hiking dimana disetiap pos kita diminta menjawab dan mempraktekkan soal-soal yang diberikan kakak Pembina,” kata siswa kelas 5 ini.

Acara kemah diakhiri dengan Hiking dimana setiap kelompok berjalan keluar lingkungan sekolah dengan rute yang disiapkan oleh para Pembina dan berhenti di pos-pos yang telah disediakan untuk menjawab soal dari mereka. (YM/YM)

 

KOMENTAR SEDULUR ISK :