Setelah Pengajian Malam 1 Muharram, Hari ini Pelepasan Luwur Pasarean Sunan Kudus

by
isknews

Kudus, isknews.com – Pengajian Umum Malam Tahun Baru 1439H di Masjid Menara Kudus telah usai dilaksanakan pada Rabu malam, 20 September 2017. Setidaknya hadir ribuan orang dari penjuru Kudus dan sekitarnya memadati area Masjid Al-Aqsha peninggalan Sunan Kudus itu.

Hadir dalam kegiatan setahun sekali itu, Mas’ud Syahat, Qori’ Internasional di Malaysia. Adapun pembicara Mauidhoh Hasanah oleh KH. Muhammad Saifuddin Luthfi. Hal itu dikatakan Humas Yayasan Masjid Menara dan Makam Sunan Kudus (YM3SK) Deni Nur Hakim, Kamis, (21/9/17).

isknews
(Foto Dokumentasi YM3SK Menara Kudus/Deni Nur Hakim)

Dikatakan Deni, setelah Tadi malam sukses dengan menggelar pengajian, Hari ini diadakan pelapasan luwur pasarean Kangjeng Sunan Kudus 1 Muharram 1439H. Kegiatan ini di awali dengan ziarah bersama Kyai,  Pengurus YM3SK,  masyarakat, serta panitia buka luwur Kangjeng Sunan Kudus 1439H pada Kamis paginya.

TRENDING :  Pencarian Bibit Pemain Basket Muda Unggul Melalui Saloku Cup

Deni menambahkan, kain mori yang terdapat di makam Sunan Kudus tersebut setelahnya pelepasan luwur, akan dibagikan kepada masyarakat secara cuma-cuma. Pihaknya tidak akan menjual kain yang telah menyelimuti makam Sunan Kudus itu.

TRENDING :  Substansi Ranperda " Karaoke Ditutup "

“Kain mori luwur Sunan Kudus tidak akan kami komersilkan. Nanti akan kami berikan kepada tokoh masyarakat, para tamu undangan, warga dan panitia,” ungkapnya.

Dalam kegiatan Pelepasan Luwur Pesarean di Makam Sunan Kudus, Kain mori yang mengelilingi makam Sunan Kudus dilepas untuk diganti yang baru. Kain tersebut berbentuk melati, kompol, wiru, unthuk banyu dan langitan. Sedangkan bagian luarnya berbentuk seperti klambu. “Kami para panitia tidak pernah membuat proposal untuk membeli kain. Jadi ini murni dari, oleh dan untuk masyarakat,” tegasnya.

TRENDING :  Balon Kasi Kesra Ngurenrejo Ikuti Uji Kompetensi Komputer

Deni menambahkan, “Untuk pemasangan luwur baru Insya Allah akan dilakukan nanti 10 Muharram 1439H (30 September 2017).” pungkasnya (AJ)

KOMENTAR SEDULUR ISK :