02

Siang Nanti Bupati Dan Warga Sambut Piala Adipura Kirana Di Alun Alun Simpangtujuh Kudus

KUDUS, isknews.com – Apel penyambutan piala Adipura Kirana yang berhasil dianugerahkan untuk Kabupaten Kudus pada tahun 2016 ini, akan digelar siang nanti pada pukul 14.00, Senin, (25/7) di alun-alun simpangtujuh Kudus. Menurut kepala Dinas Ciptakarya dan Tata Ruang (Cipkataru) kabupaten Kudus, Sumiyatun yang di hubungi melalui telefon selularnya, “Rencana Bupati Kudus akan memimpin langsung apel upacara penyambutan dan penyerahan  piala yang menjadi dambaan pemerintah dan masyarakat pada setiap kota/kabupaten ini, ada hal yang istimewa karena untuk pertama kalinya Kabupaten Kudus meraih penghargaan piala Adipura Kirana, yang dianugerahkan pada saat puncak acara Hari Lingkungan Hidup Dunia di Kabupaten Siak, Riau, Jumat  (22/7) kemarin dan esudah apel juga direncanakan akan diisi dengan pentas  hiburan musik” ujarnya.

Baca Juga :  HIJAUKAN BUMI KITA

Seperti pernah diberitakan sebelumnya, Kabupaten Kudus berhasil kembali meraih Adipura tahun ini. Keberhasila Kabupaten Kudus meraih anugerah ini berkat penilaian terhadap pengelolaan dan pengolahan sampah di Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPA).  Piala Adipura kali ini terdiri dari lima katagori, yakni Buwana, Kirana, Karya, Bhakti, dan Paripurna. Sementara tahun-tahun sebelumnya hanya ada Adipura dan Adipura Kencana. Menurut  Sumiyatun, “Penilaian penghargaan Adipura Kirana ini dititikberatkan pada kota yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi yang bertumpu pada perdagangan, pariwisata, dan investasi yang berbasis pengelolaan lingkungan hidup.  Kudus termasuk memiliki nilai tertinggi untuk Kudus yaitu penilaian dalam pengelolaan sampah. Yang juga berbeda tahun ini dari tahun sebelumnya adalah proses penilaiannya, Jika sebelumnya penilaian dilakukan beberapa kali dengan verifikasi sekali, tahun ini justru sebaliknya. ‘Termasuk di Kudus yang menjadi salah satu nominator,’’ jelasnya.

Baca Juga :  Komisi C Sidak Praktik Galian C Diduga Ilegal di Desa Soco Dawe

Ditambahkannya, “Prioritas pengelolaan sampah di Pemkab Kudus diwujudkan dengan adanya program bank sampah, adanya becak sampah di setiap kelurahan. Juga pengolahan sampah di sekolah-sekolah, maupun masyarakat untuk dijadikan barang yang bernilai ekonomis, raihan ini bukan semata- mata keberhasilan saya saja, namun juga keberhasilan seluruh masyarakat Kudus. Untuk itu dirinya menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan khususnya petugas kebersihan dalam menjaga kebersihan kota, ini merupakan cerminan dari semakin tingginya kesadaran masyarakat akan arti kebersihan dan keindahan lingkungan,  Adipura Kirana yang diraih tahun ini, harapnya, bukan menjadi titik akhir upaya kebersihan lingkungan dan pengelolaan sampah, untuk menjadi pemacu untuk lebih baik lagi di masa mendatang. Sebagaimana cita-cita kita bersama untuk  menjadikan Kudus sebagai ‘kota di tengah taman,” tambahnya. (YM)

Baca Juga :  Bersama Dinas Cipkataru,PKL Simpang Tujuh Gelar Giat Rutin Jumat Bersih

 

APA KOMENTAR SEDULUR ISK ?