Silaturrahmi atau Silaturrahim? Ini Penjelasannya

by
isknews

Kudus, isknews.com – Silaturrahmi dan Silaturrahim mempunyai dua kata yang sering terdengar khususnya di bulan Syawal ini. Kedua kata tersebut kadang diartikan seolah memiliki makna yang sama arti. Namun, keduanya secara arti bahasa memiliki makna yang sangat jauh berbeda.

TRENDING :  Pengajian Tabligh Akbar, Condro Kirono: Mari Jaga Kondusifitas Pesta Demokrasi

KH. Sya’roni Ahmadi dalam ceramahnya pada Halal Bi Halal di kediaman beliau di dukuh Pagongan, Kelurahan Kajeksan, Selasa, 3 Syawal 1438H (27/6/2017) mengatakan, Silaturrahmi artinya mempertemukan antara dua kelamin yang berbeda. Sedangkan silaturrahim adalah mempererat tali persaudaraan.

isknews
KH. Sya’roni Ahmadi dalam ceramahnya pada Halal Bi Halal di kediaman beliau di dukuh Pagongan, Kelurahan Kajeksan, Selasa, 3 Syawal 1438H (27/6/2017)


Dari penjelasan singkat terkait arti dua kata (silaturrahmi dan silaturrahim) di atas, sangatlah berbeda arti dan makna. Namun, kenyataannya dalam keseharian khususnya di bulan syawal, kita sering menjumpai penggunaan kata silaturrahmi tapi yang dimaksudkan adalah makna kata silaturrahim.

Dengan begitu, lanjut mbah yai sya’roni, kedua kata diatas (silaturrahmi dan silaturrahim) seolah-olah memiliki makna yang sama. Padahal kalau kita tinjau dari segi makna bahasa, keduanya memiliki makna yang berbeda.

TRENDING :  Satlantas Polres Kudus Door to Door School Menuju Indonesia Tertib

KOMENTAR SEDULUR ISK :