Simak, Tips Tangkal Investasi Bodong

oleh -1,468 kali dibaca

Ekonomi, isknews.com – Keberadaan investasi ‘bodong’ menjadi momok di masyarakat. Janji keuntungan berlimpah membuat orang tergiur, namun harus menyesal di hari belakangan.

Praktik investasi bodong pun masih cukup marak di masyarakat. Bahkan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) harus bekerja keras memerangi praktik ini.

Kabar terbaru, OJK mencabut izin usaha enam perusahaan investasi ‘bodong’. Enam perusahaan tersebut yaitu Starfive2u, PT Alkifal Property, Groupmatic170, EA Veow, FX Magnet Profit, dan Koperasi Serba Usaha Agro Cassava Nusantara.

Lalu gimana supaya kita waspada dan tidak terjebak dalam investasi bodong ini ? Berikut adalah 5 tips tangkal investasi bodong yang paling penting untuk anda :

Pertama, apapun investasi yang anda pilih pastikan lembaga pengelola investasi tersebut memiliki legalitas usaha sebagai sebuah lembaga investasi dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). OJK adalah wakil dari negara yang berfungsi melindungi masyarakat akan dunia keuangan dimana salah satunya adalah masalah investasi. Jadi kalau sebuah lembaga investasi terdaftar dan diawasi oleh OJK maka negara menjamin bahwa perusahaan tersebut sah untuk menjalankan usaha pengelolaan dana investasi. Kalaupun suatu saat lembaga ini menyimpang atau mengalami masalah maka ada negara yang diwakili oleh OJK untuk menegur ataupun mengawasinya. Investasi di lembaga tanpa pengawasan OJK sama saja anda minum obat tanpa ada pengujian dari Badan Pengawasan Obat & Makanan (BPOM). Berani anda minum obat tanpa legalitas dari BPOM ?

Kedua, investasilah pada produk dengan hasil investasi yang wajar, ingat di atas kita sudah membahas prinsip investasi high return high risk. Kemudian yang namanya investasi itu nyaris tidak ada yang fixed kecuali tabungan dan deposito. Pertumbuhan investasi selalu akan mengalami naik turun sejalan dengan kondisi ekonomi suatu negara. Jadi kalau ada yang menawarkan investasi dengan pertumbuhan yang fixed alias pasti maka ini sangat patut untuk dicurigai apalagi dengan bunga yang sangat menggiurkan.

Ketiga, investasilah dengan uang kecil tetapi rutin dan konsisten. Hal ini sangat penting untuk investor pemula yang belum memahami detail dunia investasi. Dengan uang kecil anda akan meminimalkan risiko di awal anda berinvestasi sambil anda terus belajar memahami dunia investasi dengan lebih detail. Saya sering mengatakan dalam setiap kelas bahwa dalam dunia investasi yang diperlukan pertama kali bukanlah uang tetapi pengetahuan. Dengan pengetahuan yang baik dan benar dalam dunia investasi maka uang kecil bisa diubah menjadi uang besar. Jadi apapun produk investasi anda pastikan anda memahami dengan detail produk investasi tersebut.

Keempat, investasi tidak boleh menggunakan utang. Investasi harus dilakukan dari uang yang disisihkan setiap bulan atau uang idle setelah kebutuhan primer akan dana darurat sebesar 2-6 kali pengeluaran setiap bulan dan kebutuhan akan asuransi terpenuhi. Saya cukup sering menemukan orang investasi menggunakan utang dan investasinya di produk investasi yang tidak jelas lagi alias bodong. Ini risiko yang anda hadapi akan menjadi berlipat ganda.

Kelima, kalaupun anda benar-benar mau investasi di tempat yang tidak jelas dengan harapan mendapatkan pertumbuhan yang sangat tinggi silakan tetapi harus menggunakan uang idle dan jumlahnya tidak boleh melebihi 5% dari uang idle yang anda miliki. Jadi kalau untung kita bersyukur dan kalau dibawa kabur kita akan ikhlas karena hanya 5% dari uang yang anda meiliki.

Itulah fenomena investasi bodong. Ingat selalu waspada investasi bodong selalu hadir di sekitar anda. Ikuti 5 tips tangkal investasi bodong di atas supaya tidak terjebak dalam investasi bodong yang akan membuat hidup anda menjadi sengsara.

Jika menemukan tawaran investasi yang mencurigakan, masyarakat bisa mengkonsultasikan atau melaporkan kepada Layanan Konsumen OJK 1500655, email konsumen@ojk.go.id atau waspadainvestasi@ojk.go.id. (AJ/isknews.com)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.