Simbol Syukur Nelayan Juwana Larung Kapal Berisi Sesaji

oleh
Simbol Syukur Nelayan Juwana Larung Kapal Berisi Sesaji
Foto: Replika kapal berisi sesaji yang akan dilarung ke laut lepas. (ivan nugraha/ISKNEWS.COM)

Pati, ISKNEWS.COM – Para nelayan memiliki cara tersendiri dalam menyatakan syukur kepada Sang Pencipta, demikian halnya masyarakat nelayan di Juwana. Setiap tahun, sepekan setelah perayaan Idul Fitri mereka menggelar acara sedekah laut. Acara yang ditandai dengan melarung sesaji di lautan tersebut pada tahu ini dilaksanakan Minggu (24-06-2018).

Diawali dengan kirab dari halaman kantor Kecamatan Juwana menuju PPI Unit II Bajomulyo, kemudian dilanjut larung sesaji sejauh 10 kilometer menyusuri Sungai Silugonggo menuju laut Jawa. Sebanyak 6 kapal mengiringi prosesi larung sesaji tersebut.

TRENDING :  Begini Curhat Bupati, Saat Dapat Bantuan CSR

Seperti yang dituturkan panitia penyelenggara sebelumnya, larung sesaji tahun ini menggunakan replika kapal berukuran dua meter lebih. Replika kapal tersebut yang nantinya akan dilarung ke laut, dengan berisikan berbagai macam sesaji diantaranya kepala kerbau, kepala kambing, bubur dan perlengkapan sesaji lainnya.

Kepala PPI Unit II Juwana Tri Widodo menuturkan, dalam prosesi larung sesaji tersebut panitia memperbolehkan masyarakat ikut dalam prosesi tersebut sampai ke laut.

Simbol Syukur Nelayan Juwana Larung Kapal Berisi Sesaji
Foto: Replika kapal berisi sesaji yang akan dilarung ke laut lepas. (ivan nugraha/ISKNEWS.COM)

“Kegiatan ini merupakan tradisi masyarakat pesisir ini memang merupakan bentuk syukur para nelayan. Apalagi tangkapan ikan saat ini juga sedang bagus. Melimpah. Kami mempersilahkan masyarakat ikut dalam proses melarung sesaji, tapi ya kami batasi memngingat keamanan serta kapasitas kapal,” kata Tri Widodo.

TRENDING :  Gubernur : Satpol PP Harus Punya Unsur Humanis Berdedikasi Disiplin Dan Tegas

Sementara, Bupati Pati Haryanto yang hadir membuka secara resmi kegiatan sedekah laut ini berharap, dengan berlangsungnya sedekah laut sebagai wujud syukur ini bisa meningkatkan perekonomian warga sekitar.

“Seperti diketahui, dari sektor perikanan ini banyak memunculkan lapangan pekerjaan. Selain itu, kontribusi untuk kemajuan daerah juga sangat baik. Untuk itu pemerintah selalu berkomitmen untuk memperhatikan ini,” ujar Haryanto.

TRENDING :  Abdi Negara Mendapatkan Kejutan Pelajar SMP N 1 Cluwak

Dikatakan, pemerintah akan terus melakukan pembangunan yang mendukung sektor kelautan dan perikanan. Sebagai contoh, jalan tambat kapal sudah dibangun, dan tahun ini kolam tambat pun mulai dikerjakan.

“Pemerintah tetap berkomitmen melakukan pembangunan berkelanjutan disektor perikanan dan kelautan. Ini semua dalam rangka mendorong kemajuan sektor kelautan dan perikanan agar lebih baik lagi,” pungkas Bupati Haryanto. (IN/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :