Simbol Syukur Nelayan Juwana Larung Kapal Berisi Sesaji

by
Simbol Syukur Nelayan Juwana Larung Kapal Berisi Sesaji ISKNEWS.COM
Foto: Replika kapal berisi sesaji yang akan dilarung ke laut lepas. (ivan nugraha/ISKNEWS.COM)

Pati, ISKNEWS.COM – Para nelayan memiliki cara tersendiri dalam menyatakan syukur kepada Sang Pencipta, demikian halnya masyarakat nelayan di Juwana. Setiap tahun, sepekan setelah perayaan Idul Fitri mereka menggelar acara sedekah laut. Acara yang ditandai dengan melarung sesaji di lautan tersebut pada tahu ini dilaksanakan Minggu (24-06-2018).

TRENDING :  Pengajian kitab tafsir jalalain setiap malam kamis

Diawali dengan kirab dari halaman kantor Kecamatan Juwana menuju PPI Unit II Bajomulyo, kemudian dilanjut larung sesaji sejauh 10 kilometer menyusuri Sungai Silugonggo menuju laut Jawa. Sebanyak 6 kapal mengiringi prosesi larung sesaji tersebut.

Seperti yang dituturkan panitia penyelenggara sebelumnya, larung sesaji tahun ini menggunakan replika kapal berukuran dua meter lebih. Replika kapal tersebut yang nantinya akan dilarung ke laut, dengan berisikan berbagai macam sesaji diantaranya kepala kerbau, kepala kambing, bubur dan perlengkapan sesaji lainnya.

TRENDING :  Aksi Penganiayaan Perampasan Disertai Pengrusakan Terjadi di Panggungroyom

Kepala PPI Unit II Juwana Tri Widodo menuturkan, dalam prosesi larung sesaji tersebut panitia memperbolehkan masyarakat ikut dalam prosesi tersebut sampai ke laut.

Simbol Syukur Nelayan Juwana Larung Kapal Berisi Sesaji ISKNEWS.COM
Foto: Replika kapal berisi sesaji yang akan dilarung ke laut lepas. (ivan nugraha/ISKNEWS.COM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :