Sistem Close House Jadi Solusi Ternak Ayam Boiler yang Ramah Lingkungan

by
ISKNEWS.COM
Foto: Kondisi luar kandang ayam dengan sisten close house di Desa Prambatan Kidul, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus, Jumat (23-03-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Saat melintas di kawssan pengrajin bata di Desa Prambatan Kidul, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus. Dari hamparan sawah yang membentang luas, terlihat sebuah rumah panggung dari bambu dengan dinding dari terpal berwarna biru tua.

Dengan rasa penasaran, isknews.com mencoba mendekat ke rumah tersebut. Di gerbang masuk, kami disambut oleh pendingin udara besar yang berjajar tiga menghadap ke samping gerbang.

Dari pendingin udara tersebut, tercium aroma khas ayam yang cukup menyengat hidung. Perjalanan kami lanjutkan ke ujung bangunan ini. Dalam perjalanan tersebut, kami tidak menemukan kotoran maupun bulu-bulu ayam yang berserakan seperti kandang ayam pada umumnya. Sehingga bau yang ditimbulkan dari kandang ayam tersebut tidak tertalu menusuk.

TRENDING :  Sekda Pada Musrenbang RKPD 2018 : Ketatnya Regulasi Sektor Rokok Picu Tumbuhnya Angka Pengangguran Di Kudus

Sesampainya di ujung rumah panggung tersebut, kami bertemu seorang anak muda yang tengah menyiapkan pakan unggas atau pur. Bagus Sadewa Ainun Najib namanya. Mahasiswa semester empat Jurusan Tehnik Mesin Universitas Muria Kudus ini, mengaku telah lama membantu orang tuanya mengelola peternakan ayam boiler tersebut.

TRENDING :  Tiap Hari Kartini, Lina Warga Karangbener Buka Salon Dadakan Sejak SMA

KOMENTAR SEDULUR ISK :