Siswa Baru Perguruan Islam Darul Falah Sirahan Melangitkan Cita-cita

oleh
Siswa Baru Perguruan Islam Darul Falah Sirahan Melangitkan Cita-cita
Foto: Melepaskan balon terbang bersama cita-cita yang dituliskan di secarik kertasoleh para peserta didik baru Perguruan Islam Darul Falah Sirahan, beberapa waktu lalu. (ivan nugraha/ISKNEWS.COM)

Pati, ISKNEWS.COM – Penutupan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Marwah) Perguruan Islam Darul Falah Sirahan, berlangsung meriah siang kemarin. Siswa-siswi baru, baik dari jenjang MTs dan MA diajak melangitkan cita-citanya melalui sebuah balon.

Dengan menuliskan harapan serta keinginan selama bersekolah pada secarik kertas, kemudian digantungkan di sebuah balon lalu diterbangkan bersama-sama. Pada tahun ajaran baru ini ada 406 peserta didik baru yang masuk. Sebanyak 228 di jenjang MTs, dan 178 di jenjang MA.

TRENDING :  Belum Ada Parpol Yang Daftarkan Caleg

Direktur Perguruan Islam Darul Falah, Syamsudin Sukahar mengungkapkan kegiatan itu merupakan simbolis tentang harapan-harapan selama akan belajar di madrasah tiga tahun kedepan. Anak-anak diajak bergembira saat melepaskan harapan serta cita-citanya setinggi langit.

”Ya itu bagian dari simbolisasi, agar mereka dapat belajar dengan riang gembira. Dan berani melangitkan cita-citanya setinggi-tingginya,” kata Syamsudin.

TRENDING :  Ketua PWI Jateng Ajak Masyarakat Bijak Bermedia Sosial, Awas! Jarimu, Harimaumu

Aneka balon warna warni tersebut dilepaskan ke udara bebas setelah rangkaian prosesi Marwah selesai. Selama tiga hari sebelum menghadapi mata pelajaran itu, para peserta didik digembleng mengenai pengetahuan lingkungan madrasah.

”Mereka digembleng tentang budaya-budaya yang lumrah di madrasah sini, aturan-aturan, tata tertib dan lain sebagainya. Ya seperti masa ta’arufan pada sekolah umumnya. Supaya mereka mengenal tempat belajarnya dan dapat belajar dengan mudah di madrasah ini selama tiga tahun mendatang,” harap Sayamsudin usai menyaksikan pelepasan ratusan balon terbang ke langit bebas tersebut.

TRENDING :  Imam Suroso Turut Angkat Bicara Soal Peredaran Infus Palsu

Salah satu peserta didik, Ardina Safaah mengaku, dia menuliskan angan-angannya untuk membahagiakan orang tuanya. Melalui giat belajar di sekolah, supaya menjadi anak yang pintar dan kelak bisa berbakti untuk orang tua. (IN/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :