Siswa Diajak Kreatif dan Inovatif dalam Gebyar PAUD 2018

oleh
Foto: Lomba Fashion Show anak dalam Gebyar Paud 2018 di alun alun Pati, Sabtu (05-05-2018). (ivan nugraha/ISKNEWS.COM)

Pati, ISKNEWS.COM – Pengasahan dan penajaman kreatifitas anak harus dimulai sejak dini, hal tersebut menjadi salah satu tujuan dilaksanakannya kegiatan bertajuk Gebyar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) 2018 di Alun-Alun Kabupaten Pati, Sabtu pagi ini. Dari kegiatan tersebut diharapkan bisa membentuk kreativitas anak dan mampu menciptakan karya inovatif.

Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pati Suwarno mengatakan, kebiasaan anak-anak memang bermain, dan itu sudah menjadi kodratnya. Akan tetapi, seharusnya permainan yang mengandung nilai-nilai kreativitas, agar ketika anak-anak mulai tumbuh, mereka mempunyai keterampilan.

TRENDING :  Gratis, Inilah Para Artis Yang Akan Jadi Bintang Tamu Karnaval Inbox SCTV Di Kudus

“Kegiatan ini kami adakan untuk membangkitkan motivasi bermain dan belajar anak. Selain itu juga untuk mengembangkan kreativitas dan bakat anak. Karena itulah, kami menyediakan stand-stand yang bisa dikunjungi anak-anak, mulai dari lomba melukis, menyanyi dan lain sebagainya,” ungkap Suwarno.

TRENDING :  Ratusan Atlet Renang Berlomba Menangkan O2SN SMP 2018
Foto: Lomba Fashion Show anak dalam Gebyar Paud 2018 di alun alun Pati, Sabtu (05-05-2018). (ivan nugraha/ISKNEWS.COM)

Lebih dari itu, peran orang tua untuk mendidik anaknya sejak dini adalah sangat penting, terutama melalui media bermain. Dengan begitu, anak-anak mempunyai semangat belajar dan mampu berinovasi.

“Terkadang, tanpa kita sadari, anak-anak mampu menggerakkan tangannya untuk melukis maupun membuat kreasi lainnya. Ini adalah potensi dan orang tua harus mengetahui itu. Selanjutnya, potensi tersebut harus terus diarahkan oleh orang tua, agar membentuk kreativitas anak,” imbuhnya.

TRENDING :  Untuk Memenuhi Standar Akreditasi Sejumlah SD di Kecamatan Jekulo, Membeli Alat Pemadam Kebakaran Jenis Tabung

Kegiatan yang diikuti oleh PAUD se-Kabupaten Pati itu, juga bertujuan untuk memberikan motivasi kepada pendidik atau guru agar lebih mengenal potensi anak didiknya. Mengingat, itu sebagai dasar untuk pembentukan pendidikan karakter.(IN/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :