Siswa SD Shalat Gaib Untuk Korban Gempa Lombok

oleh
Siswa SD Shalat Gaib Untuk Korban Gempa Lombok
Foto: Siswa SD Islam Kauman Pati melakukan sholat ghaib di halaman sekolah. (istimewa)

Pati, ISKNEWS.COM – Musibah yang dialami warga Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB) mengundang banyak simpati dan empati dari masyarakat lain di Indonesia. Dari mulai menggalang bantuan hingga menjadi relawan untuk para korban. Penderitaan yang dialami warga Lombok NTB pun menggugah kepedulian para siswa SD Islam Kauman Pati.

Para siswa ini memberikan bantuan bukan berupa barang atau uang, mereka melakukan shalat gaib yang ditujukan kepada korban gempa yang sudah meninggal. Mereka nampak antusias dan mengiktui sholat di halaman sekolah dengan khusuk.

TRENDING :  Pick Up Daihatsu Ringsek Parah Selepas Dihantam Truk

Kepala SD Islam Kauman Pati, Riyanawati mengatakan, kegiatan shalat ghaib ini merupakan salah satu cara mendidik para siswa untuk peduli kepada sesama, terutama kepada korban yang sudah meninggal. Karena secara materi tentunya mereka tidak memiliki, tetapi secara spiritual mereka bisa mengirimkan doa kepada korban gempa Lombok.

TRENDING :  Cegah Kecanduan Gadget dengan Bercerita
Siswa SD Shalat Gaib Untuk Korban Gempa Lombok
Foto: Siswa SD Islam Kauman Pati melakukan sholat ghaib di halaman sekolah. (istimewa)

“Karena itulah kami mengajak anak-anak untuk sholat gaib agar para arwah korban gempa, semua dosanya diampuni oleh Allah,” ujarnya, Sabtu (11-08-2018).

Meskipun masih anak-anak, imbuh Riyanawati, namun ajaran-ajaran peduli kepada sesama itu harus diterapkan. Dengan demikian kelak ketika mereka sudah dewasa dan berkumpul dengan masyarakat bisa menerapkan ilmu-ilmu yang sudah dipelajari di SD tersebut.

TRENDING :  Gudang Kapuk Roboh, Satu Pekerja Meninggal Dunia Dua Lainnya Luka

“Selain itu, tujuan kami agar anak-anak mempunyai pengalaman bagaimana caranya melaksanakan shalat gaib. Mungkin di rumah mereka tidak pernah melakukan shalat gaib, tetapi di sekolah ini, kami ajarkan dan langsung praktik,” imbuhnya.

Yang paling utama, lanjutnya, membentuk 191 siswa SD Islam Kauman untuk membantu sesama. Sehingga benar-benar menjadi insan yang sholih-sholihah. (IN/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :