SMAN 1 Kudus Peroleh Juara II Nasional Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI)

SMAN 1 Kudus Peroleh Juara II Nasional Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI)
Jpeg
Foto bersama setelah wawancara siang di SMAN 1 Kudus (12/10)

Kudus, Isknews.com – Lagi, SMA 1 Kudus berhasil meraih prestasi di ajang Olimpiade yang digelar oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sebanyak 190 peserta dari berbagai SMA di Indonesia mengikuti ajang tahunan ini yang diselenggarakan di Indonesia International Institute for Life-Sciences, Pulomas, Jakarta, 2-7 Oktober 2016.

Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) 2016 tahun ini mengalami peningkatan partisipan ini memperlombakan tiga bidang kategori, antara lain; matematika dan rekayasa, sosial humaniora, dan sains dan teknologi. Selain perlombaan, OPSI 2016 juga menyelenggarakan pameran dan workshop tentang sains teknologi dan rekayasa hasil penelitian OPSI.

Waka Kesiswaan SMA 1 Kudus, Hamid kepada Isknews.com mengatakan bahwa Olimpiade tersebut di ikuti oleh 101 sekolah (202 siswa). Sedangkan SMA 1 Kudus di wakili oleh 2 kelompok yaitu Evelia Levina (XII IPA 2) dan Talitha Isnindya Ramadhanty (XI IPA 2) sedangkan kelompok kedua adalah Nisa Farah Maulida (XII IPA1) dan Yosa Marlinda Kusumaningrum (XII IPA 1) dalam bidang Sains dan Teknologi, mereka didampingi oleh dra. Susminingsih. M.Pd dan dra. Ambar Siswati. M.pd.

BACA JUGA :  SMK Al - Islam Kudus Terbukti Lebih Unggul dan Lulus Langsung Kerja

Lebih Lanjut pihaknya menambahkan, “SMA 1 Kudus memperoleh juara II (Perak) yang di wakili oleh Evelia Levina (XII IPA 2) dan Talitha Isnindya Ramadhanty (XI IPA 2) dengan Judul Penelitian Arvivera (Arang Tempurung Kelapa, Bagasse, dan Sansevieria) Sebagai Penetralisir Limbah Cair Pabrik Rokok di Kabupaten Kudus.”imbuhnya

Serta memperoleh Penghargaan Khusus Bidang Sains dan Teknologi yang di wakili oleh Nisa Farah Maulida (XII IPA1) dan Yosa Marlinda Kusumaningrum (XII IPA 1) dengan Judul Penelitian Bahirtapi sebagai Alternatif Sumber Energi Terbarukan yang Ramah Lingkungan.”tandasnya.

Ditemui Isknews.com di SMAN 1 Kudus, keempat siswi diwakili Evellia Levina “menceritakan bagaimana waktu disana, diantaranya mengunjungi perusahaan kalbe, mengikuti seminar, pameran, workshop dan pengalaman lain tentunya, “kami berharap semoga ajang ini menjadi pengalaman berharga untuk jenjang kedepannya.”Pungkasnya.(AS)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post