SMKN 2 Kudus Sabet Perak Dalam Kompetisi Fotografi Jurnalistik

oleh

Kudus, isknews.com – SMKN 2 Kudus meraih prestasi dalam bidang fotografi jurnalistik yang di selenggarakan Kemendikbud, prestasi tersebut diraih oleh Chandra Bagus Hariyadi Nakayuni dengan menggondol perak untuk kategori SMA/SMK.

Kegiatan kompetisi fotografi jurnalistik ini mengambil tema” Pendidikan dan kebudayaan untuk evolusi bangsa dan kebinekaan akhir Mei 2017. Chandra siswa TKJ ini mengirim karya foto dengan judul “Yuk Belajar”, dalam foto hasil karyanya itu menceritakan tiga anak SD yang belajar di atas jerami saling berbagi membantu kesulitan temannya. Pesan yang ingin disampaikan adalah semangat berbagi dan saling membantu satu sama lain yang sekarang hampir punah di masa sekarang.

TRENDING :  Peringati HKN ke 53, Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Ajak Germas

Chandra yang beralamat di Gondosari Gebog saat ditemui dibangku sekolahnya mengaku sangat senang dengan keberhasilannya tersebut. “Melihat hasil peserta lomba ini yang bagus-bagus saya tidak menyangka akan mendapatkan juara. Kemenangan ini memicu saya untuk terus belajar dan mengasah kemampuan saya dalam bidang fotografi. Ke depannya saya akan mengikuti kejuaraan fotografi lainnya.” Katanya.

Menurut Chandra awal mula keikutsertaan dalam lomba ini, pembimbing ekstra jurnalistik di sekolah bapak Abdul Kholiq mengajak untuk ikut dalam kompetensi ini yang diumumkan di website Kemendikbud. Kemudian dia bersama pembimbingnya berdiskusi untuk menentukan foto yang diambil.
Saat diskusi tersebut ” akhirnya saya mempunyai ide yang sesuai dengan tema di lingkungan desa saya. Saya mengambil gambar anak anak SD yang sedang ke sekolah melewati jembatan kayu gantung di Gebog. Di situ saya melihat ada jerami berserakan, kemudian saya ambil foto juga di situ. Saya mengirim dua foto itu, ternyata yang menang foto yang di atas jerami itu.” Imbuhnya.

TRENDING :  Juara 1 Lomba Bercerita SD Tingkat Kab.Kudus Diraih Pelajar SD 1 Kesambi Mejobo

Atas keberhasilannya itu dia berhak mendapatkan hadiah kamera Nikon Coolpix yang di serahkann langsung oleh Menteri Pendidikan dan kebudayaan Muhajir Effendy di Jakarta dalam acara appresiasi lomba foto memperingati hari Pendidikan Nasional.

TRENDING :  Festival Dolanan Bocah, Menjadi Harapan Dolanan Tempo Dulu Tak Terlupakan

Sementara itu Drs Harto Sundoyo M.pd. kepala SMK N 2 Kudus, merasa bangga atas keberhasilan anak didiknya tersebut. Dia menambahkan, “Sekolah mengapresiasi keberhasilan ini dan mendorong siswa untuk berprestasi tidak hanya dalam bidang akademik tetapi juga non akademik. Sekolah memfasilitasi siswa mengembangkan bakat dan ketrampilan tidak hanya akademik tapi juga di bidang seni, olah raga termasuk dalam bidang jurnalistik. Diharapkan mereka bersemangat untuk meraih prestasi baik di daerah maupun Nasional.” tambahnya. (Wh)

KOMENTAR SEDULUR ISK :