SMP IT Rahmatul Ummah Kudus Terima Bantuan Perpustakaan Dari Pusat

SMP IT Rahmatul Ummah Kudus Terima Bantuan Perpustakaan Dari Pusat

Kudus, isknwes.com – Sebanyak 10 SMP negeri dan swasta, serta SMP Islam Terpadu (IT) di Kabupaten Kudus, memperoleh bantuan proyek yang dananya berasal dari pemerintah pusat, tahun anggaran (TA) 2016. Bantuan itu berupa proyek fisik yang disesuaikan permintaan atau kebutuhan masing-masing sekolah, mulai dari rehab ruang kelas, ruang kantor kepala sekolah dan guru, penambahan ruang kelas baru, sampai perpustakaan. Besarnya anggaran yang dialokasikan juga setara dengan Rancangan Anggaran Belanja (RAB) volume proyek, dari yang mulai puluhan juta hingga ratusan juta.

Diantara sekolah yang memperoleh bantuan proyek dengan anggaran terbesar, adalah Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Rahmatul Ummah, Desa Jekulo, Kecamatan Jekulo. Kabupaten Kudus. SMPIT ini memiliki gedung sekolah yang megah berupa bangunan dua lantai yang letaknya di atas tanah yang menjadi satu dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) IT Rahmatul Ummah, Jekulo, Kudus.

Menurut Kepala SMPIT Rahmatul Ummah, Khambali, yang dihubungi isknews.com, Sabtu (15/10), bantuan yang diterima dari pemerintah pusat itu, berupa sebuah gedung perpustakaan berikut mebeleir dengan besarnya anggaran Rp 200 juta. “Karena di SMPIT Rahmatul Ummah unit I tidak tersedia lahan, gedung perpustakaan itu dibangun di SMPIT Rahmatul Ummah unit II, lokasinya masih di Desa Jekulo.”

Kini gedung perpustakaan yang dibangun di tanah kosong sebelah utara halaman sekolah itu, ungkapnya lanjut, secara teknis sudah mencapai 70 persen. Bangunan fisik berukuran 9 x 15 meter itu sudah berdiri meskipun masih bata merah yang belum disemen. Karena pertimbangan cuaca yang sering turun hujan, prioritas yang didahulukan adalah pemasangan bagian atap. “Kalau atap sudah tertutup rapat, mau melabur dinding dan memasang keramik, akan aman dan tidak terganggu hujan. Waktu pengerjaan selama 120 hari.”

SMPIT Rahmatul Ummah didirikan pada 2006, berada dalam naungan Yayasan Penyelenggara Pendidikan (YPP) Rahmatul Ummah. Selain SMPIT dan SMKIT, yayasan ini juga mempunya pondok pesantren. Pada tahun-tahun pertama berdiri, SMPIT memiliki cukup banyak peserta didik (PD), hingga mencapai lebih 32 siswa per kelas. Namun dalam perkembangannya, jumlah PD itu terus menurun, hingga pada tahun pembelajaran ini, hanya tinggal memiliki 31 siswa, terbagi Kelas-7, 8 dan Kelas-9, masing-masing 7,11 dan13 siswa. “Bantuan fisik dari pemerintah pusat berupa gedung perpustakaan ini, adalah yang pertama kalnya untuk sekolah kami,” tutur Kepala SMPIT Rahmatul Ummah, Jekulo, Kudus itu. (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :
BACA JUGA :  MAN 2 Kudus Kembali Kirimkan Pelajarnya di Ajang Internasional

Share This Post