Solusi Praktis Atasi Masalah Bibir Sumbing

by
Foto: Istimewa

Kudus, ISKNEWS.COM – Bibir sumbing merupakan sebuah kondisi kelainan bawaan yang ditandai dengan adanya celah atau belahan pada bibir bagian atas. Celah tersebut bisa terdapat di bagian tengah, kanan, atau kiri bibir. Selain di bagian atas bibir, sumbing bisa terjadi pada langit-langit mulut. Kondisi seperti ini biasa disebut dengan istilah langit-langit sumbing.

TRENDING :  29 Pasien Bibir Sumbing Ikut Operasi Gratis di RS ‘Aisyiyah

Bibir sumbing dan langit-langit sumbing, terjadi akibat jaringan bibir atau langit-langit mulut bayi yang tidak menyatu pada saat masa kehamilan.

Hingga saat ini, belum diketahui secara pasti, penyebab sumbing. Namun, beberpa penelitian menyebutkan bahwa genetik dan paparan virus atau zat tertentu selama kehamilan (tetratogen -red) menjadi fakor resiko bibir dan langit-langit sumbing. Bibir dan langit-langit sumbing selama ini digolongkan kedalam kondisi cacat lahir.

Adapun dampak yang ditimbulkan dari kondisi ini adalah kesulitan ketika makan, gangguan perkembangan berbicara, dan infeksi telinga. Oleh karenanya sejumlah upaya dilakukan untuk meminimalisir dampak tersebut, salah satunya dengan bedah plastik atau operasi.

TRENDING :  Unit Pelayanan Hemodialisa

Sebagaimana yang akan dilakukan oleh Rumah Sakit Aisyiyah, dengan Djarum Sumbangsih Sosial dan Yayasan Permata Sari, yang menggelar bakti sosial berupa operasi bibir dan langit-langit sumbing gratis bagi masyarakat yang membutuhkan.

TRENDING :  Bupati Tinjau Lokasi Kebakaran Kudus Plaza
KOMENTAR SEDULUR ISK :