Songsong Adipura, Seluruh OPD Diminta Peduli Kebersihan

Songsong Adipura, Seluruh OPD Diminta Peduli Kebersihan

Rembang, isknews.com (Lintas Rembang) – Seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se Kabupaten Rembang diminta untuk turut mendukung program Pemerintah Kabupaten Rembang dalam hal pencapaian piala Adipura pada tahun ini. Tak hanya itu, seluruh sekolah se Kabupaten Rembang juga dihimbau agar turut menjaga kebersihan.

Hal tersebut disampaikan Kabid Pengelolaan Sampah, Limbah, Bahan Berbahaya Beracun dan Peningkatan Kapasitas pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Andreas Edi Gustono. Ia mengaku dibawah kepemimpinan Bupati Abdul Hafidz dan Wabup Bayu Andrianto, Pemkab Rembang ditargetkan mampu meraih kembali piala Adipura di tahun 2017 ini.

TRENDING :  Cagar Budaya Lasem Kian Diperhatikan

“Dalam perwujudannya, tentu DLH tidak mampu bekerja sendiri karena ini merupakan target Pemkab sehingga seluruh OPD dan sekolah yang ada juga diminta ikut mensuskseskannya,” akunya.

Andreas mengaku, dengan keterlibatan seluruh OPD dan sekolah se Kabupaten Rembang pihaknya optimis gelar piala Adipura tahun 2017 ini bisa diraih Kabupaten Rembang. Penataan sejumlah sarana di wilayah Rembang kota dewasa ini telah dilaksanakan oleh instansi terkait, nantinya tinggal kebersihan tiap-tiap kantor OPD dan sekolah yang menjadi perhatian khusus.

Berbeda dengan tahun lalu, penilaian Adipura tahun ini akan dinilai secara langsung oleh Kementrian Lingkungan Hidup. Bahkan, pihak DLH mengakui tidak mengetahui secara pasti teknis waktu dan titik penilaian Adipura.

TRENDING :  Maksimalkan Perolehan Zakat, Unit Pengumpul Zakat Dibentuk

“Karena bentuk penilaiannya berbeda dari tahun-tahun sebelumnya sehingga kami persiapkan sedini mungkin segala aspeknya. Informasi yang kami terima, seluruh aspek akan dinilai. Beda dengan yang dulu karena yang dinilai hanya pengambilan secara random sehingga kami persiapkan satu saja, tapi kali ini semuanya kami minta untuk bersiap diri,” terangnya.

Selain kebersihan kantor dan sekolah, poin penekanan yang kali ini tengah digarap pihak DLH yaitu Ruang Terbuka Hijau dan penataan Sampah di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) hingga Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

TRENDING :  2 PSK Terjaring Giat Rutin Patroli Satpol PP Kudus

“Sampah yang kali ini jadi poin kendala kami. Tapi kami optimis karena TPA di desa Landoh kecamatan Sulang sudah mulai kami tata, seluruh titik TPS juga mulai kami rapikan,” imbuhnya.

Meski telah empat tahun gelar Adipura tidak diraih oleh Kabupaten Rembang, pada tahun 2017 ini, Pemkab Rembang optimis mampu kembali meraih piala Adipura. (Arif S)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post

Post Comment

*