Sortir Surat Suara, KPU Pati Temukan Ratusan Surat Suara Rusak

oleh
Foto: Petugas penyortiran dan pelipatan surat suara menunjukkan surat suara yang rusak. (Istimewa)

Pati, ISKNEWS.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati menyatakan bahwa hasil penyortiran surat suara pemilihan gubernur (Pilgub) Jawa Tengah ditemukan 278 rusak.

Hal tersebut dimungkinkan dapat bertambah, pasalnya penyortiran baru berjalan kurang lebih 60 persen dari total jumlah surat suara.

Ahmad Jukari, Komisioner KPU Pati mengemukakan, sampai hari ketiga ini, jumlah surat suara yang sudah disortir dan dilipat ada sebanyak 669.904 dari total sebanyak 1.049.166 surat suara. Sementara untuk surat suara yang rusak ada sebanyak 278 kertas.

TRENDING :  Selingkuh Di Kebun Singkong Oknum Kades Diarak Warga

 “Untuk surat suara yang rusak, kami akan melaporkan langsung ke KPU Provinsi. Dan proses pelipatan dan penyortiran ini, akan kami selesaikan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan, yakni pada 25 Mei mendatang,” ungkap Jukari, Rabu (23/5/2018).

TRENDING :  DPC Demokrat Pati Santuni Ratusan Kaum Duafa

Ada berbagai bentuk kerusakan pada surat suara pilgub jateng tersebut, diantaranya ada yang karena sobek, tinta gambar pasangan calon tidak jelas atau blur, ada juga pemotongan kertas yang tidak rapi.

TRENDING :  Eksekusi Rumah Sengketa di Karangdowo Mendapatkan Perlawanan Dari Warga

Selain itu, ditemukan juga surat suara yang terpotong tepat ditengah salah satu pasangan calon, sehingga tidak bisa digunakan lagi.

“Ada juga surat suara yang bercak lantaran terkena tinta. Semuanya akan kami data terlebih dahulu,”pungkasnya. (WR/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :