Sosialisasi Kearsipan, Mutrikah Tika : Perangkat Desa Harus Bisa Kelola & Melek Arsip

Sosialisasi Kearsipan, Mutrikah Tika : Perangkat Desa Harus Bisa Kelola & Melek Arsip

Kudus, Isknews.com – Pentingnya Rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media adalah arti dari Arsip secara umum, Sedikitnya perwakilan 40 Desa (Kepala Desa atau Perangkat Kearsipan Desa) Selasa (9/8) mengikuti Bimbingan teknis (Bintek) Sosialisasi Kearsipan yang diadakan di Kantor kearsipan kab.Kudus yang berlokasi di Barat Stadion GOR Wergu.

FB_IMG_1470727141821
Nara sumber dari Kearsipan Surabaya sedang memberikan materi kepada peserta

Nara Sumber dari Arsiparis Badan Arsip dan perpustakaan kota Surabaya yang sudah berpengalaman di dunia kearsipan dalam materi nya mengajak peserta untuk mengetahui arti pentingnya Arsip, karena sudah menjadi tugas sebagai aparatur sesuai UUD yang baru pada 2009, PP 2011, bahwa Arsip menjadi bukti Autentik rekaman peristiwa dalam beragam bentuk dan media”karena sangat pentingnya Arsip bisa dikatakan Arsip Hilang Aset Melayang.

BACA JUGA :  Gagas E-Library Menuju Kudus Cyber City

Surabaya dalam hal ini Badan Arsip dan perpustakaan kota Surabaya saat ini menjadi tempat magang dan studi lapangan dari berbagai kota di Indonesia, juga sudah tiga kali berturut turut Juara pertama Lomba Kearsiapan tingkat Nasional diantara nya pada tahun 2010, 2011, 2012 (tidak ada lomba) dan 2013.”terang Herlin Wahyuningsih, S.Sos saat di temui Isknews.com seusai memberikan materi pada peserta.

Di tempat yang sama, Mutrikah Tika sebagai ka.sie Arsip kabupaten Kudus memberikan tanggapan bahwa kami memang sengaja datangkan narasumber dari Surabaya karena kapasitas Kota tersebut layak menjadi percontohan kearsipan. Adapun Materi yang di berikan ada pengenalan Arsip Dinamis, Dinamis Inaktif dan Arsip Statis.”Imbuhnya

BACA JUGA :  Sambut Bulan Kunjung Perpustakaan,Perpusda Kudus Gelar Rangkaian Kegiatan

Harapannya dengan adanya kegiatan ini yang berlangsung sari tanggal 09 – 13 Agustus 2016 diharapkan Sumber Daya Manusia (SDM) pada Kearsipan Desa khususnya di kab.Kudus lebih meningkat, Mampu dan bisa mengelola kearsipan Desa masing-masing, dan bisa melayani masyarakat dengan tanggap karena sudah di adakan nya Pelatihan kestabilan ini. “Nanti nya peserta di hari terakhir akan berangkat Studi Lapangan di Badan Arsip Surabaya dan berkunjung ke kelurahan Karah.”Pungkasnya.(AS)

Share This Post