Sosialisasi Pendataan PSM di Gelar Disdikpora

Sosialisasi Pendataan PSM di Gelar Disdikpora

Kudus, isknews.com – Sosialisasi dan pendataan pelayanan standar minimal (PSM) dari Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kudus dilaksanakan selama sepuluh hari yang dimulai hari Senin (9/10/17) lalu di Aula Dekopinda Kompleks Perkantoran Kudus.

Sebanyak 714 sekolah SD/MI dan SMP/MTs di Kabupaten Kudus secara bergantian mendatangi lokasi untuk mengikuti sosialisasi. Menurut Kabid Dikdas Disdikpora Kudus, Suharto, mengatakan, Dalam dunia pendidikan harus ada pelayanan standar minimal dan itu harus dimiliki oleh sekolah maupun madrasah. Seperti halnya sarpras dan1 8 standar minimal adalah wajib dan harus terpenuhi.

Standart pelayanan minimal pendidikan dasar (SPM) merupakan tolok ukur kinerja pelayanan pendidikan dasar, sekaligus sebagai acuan dalam perencanaan program dan penganggaran pencapaian target masing-masing daerah kabupaten/kota.

TRENDING :  Kedua Siswa SMKN 2 Kudus Peroleh Medali Emas Dalam Lomba KIR

Penyelenggaraan pelayanan pendidikan dasar merupakan kewenangan kabupaten/kota. Dimana dalam cakupannya, terdapat pelayanan pendidikan dasar oleh kabupaten/kota dan pelayanan pendidikan dasar oleh satuan pendidikan.

Dikatakannya, Terdapat 27 indikator yang harus dipenuhi dalam pemenuhan standar pendidikan nasional. 14 indikator telah dilaksanakan oleh kabupaten sedangkan yang 13 indikator dilaksanakan oleh pihak sekolah. Dari data sebelumnya, rata – rata sekolah dan madrasah di Kudus diatas 90% sudah memenuhi indikator tersebut. (AJ)

TRENDING :  Ini Dia Pemenang Dalam Festival Baca Puisi Tingkat Kecamatan Undaan
KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post