Spektakuler Festival Karnaval Budaya Kudus

Spektakuler Festival Karnaval Budaya Kudus

Kudus, isknews.com – Kirab dan Festival Karnaval Budaya Kudus dalam rangka menyambut HUT Kabupaten Kudus ke 466 Benar-benar meriah, ribuan warga Kudus “tumpleg Bleg” di alun-alun Simpangtujuh Kudus (10/10) untuk menyaksikan jalannya Karnaval Budaya yang sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat kota Kudus.

Dengan konsep fashion on the street,  acara semalam hampir mirip dengan gelaran yang pada tahun 2011 dulu pernah digelar oleh Diknas Kudus dengan nama Karshival atau Kudus Art and Fashion Carnival, dimana barangkali konsepnya  diilhami oleh acara serupa yang kini sudah menjadi agenda Nasional bahkan Internasional  Jember Fashion Carnaval (JFC) yang ada di Kota Jemeber Jawa Timur.

TRENDING :  Meriahnya...!!! Puluhan Masyarakat Ikut Pesta HUT RI dengan Gelar Karnaval

Dibuka oleh Bupati Kudus  H. Musthofa pada sekitar pukul 8.oo petang, gelaran ini diikuti oleh 30 kelompok peserta mulai dari siswa-siswi beberapa sekolah yang ada di Kudus dari SD,SMP,SMA/SMK , UPT pendidikan dan bahkan beberapa perusahaan di Kudus ikut berpartisipasi menampilkan karya – karya kreasi mereka. Diawali dan di buka  oleh tampilan Marching Band Polimaritim Semarang selanjutnya di ikuti laporan oleh pasukan manggala yudha yang melaporkan kepada Bupati bahwa gelar karnaval siap untuk dilaksanakan, kemudian berturut-turut para kelompok peserta menampilkan atraksi dan mempamerkan busana yang dikenakannya.

Setiap peserta mengusung temanya masing-masing yang kemudian diaplikasikan pada fashion konsep kontemporer yang mereka peragakan dihadapan para petinggi Kota ini yang berada diatas panggung kehormatan, beberapa juri juga menilai tampilan mereka malam itu. Tema-tema budaya mendominasi gelaran itu seperti tema pernikahan adat Kudus,dan yang paling banyak adalah tema lokal, yaitu cerita legenda yang ada di beberapa wilayah di kudus. tidak kalah pula peserta lain juga menampilkan karya yang unik-unik seperti dari Desa Loram Wetan yang menampilkan anak-anak yang mahir mengendarai sepeda roda satu atau peserta dari Kecamatan Undaan yang secara unik kreatif meanmpilkan anak-anak yang memvisualisasikan permainan catur dalam bentuk manusia nyata, pasukan-pasukan pion lengkap dengan raja, kuda dan para menterinya dan saling berperang antara bidak hitam dan putih selayaknya sebuah permainan diatas papan catur, cukup kreatif.

TRENDING :  Jum'at Beramal

Karnaval malam tadi juga benar-benar menjadi ajang pengambilan obyek foto bagi para jurnalis, komunitas hobiist fotografi, bahkan fotografer warga membuat malam itu benar-benar menjadikan gelar karnaval menjadi semakin meriah oleh para fotografer profesional hingga amatiran.

TRENDING :  PC IPNU-IPPNU Kudus Hidupkan Kembali Permainan Tradisional

“acara malam ini begitu spektakuler, saya berharap acara ini terus diselenggarakan oleh pemkab, karena sangat menarik dan menghibur masyarakat” ujar Sofie salah seorang penonton yang malam itu hadir bersama orangtua dan familinya. (YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post