Spirit Muswil Jateng ke-4,Inginkan Sekolah di Bawah JSIT Lebih Berkualitas Bermutu Berkarakter

Spirit Muswil Jateng ke-4,Inginkan Sekolah di Bawah JSIT Lebih Berkualitas Bermutu Berkarakter

Kudus, isknews.com – Musyawarah Wilayah (Muswil) Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Jawa Tengah yang ke-4 berlangsung dua hari (24-25/11/17) di Hotel Gtiptha Kudus.

Ketua JSIT Periode 2013-2017 Sigit Cahyantoro mengatakan, muswil ini bertujuan untuk memilih ketua JSIT periode 2017-2021. Spirit  muswil memperkuat silatutrahim dan menginginkan sekolah di bawah naungan JSIT menjadi berkualitas, bermutu dan berkarakter.

Perpaduan pendidikan sistem pemerintah dengan pendidikan yang menjadi ciri khas JSIT merupakan penekanan dari Bermutu itu sendiri. Kombinasi keterpaduan antara pendidikan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dan pengetahuan agama yakni iman dan takwa (imtak), nantinya ruh keduanya akan menyatu pada anak didiknya.

”Kekhasan kami adalah memadukan antara ilmu pengetahuan umum dan agama Islam di semua mata pelajaran, Tidak heran, selain kompeten di bidang ilmu umum, selama ini anak didik kami memang lulus dari sekolah telah memiliki kemampuan dari hafalan Alquran.” ungkapnya.

TRENDING :  Diikuti 40 peserta SMKN 2 Kudus Gelar Workshop Jurnalistik

JSIT memang memiliki kekhasan dalam mendidik anak. Selain bermutu, juga berkarakter. Terutama dalam penanaman pendidikan karakter keagamaan dari anak-anak didiknya. Penumbuhan pribadi berkarakter untuk disiapkan menjadi generasi cerdas, islami untuk menjawab tantangan zaman now dan masa depan.

”Pendidikan karakter selain dilaksanakan di sekolah. Guru tetap memantau pendidikan karakter anak didik sewaktu masih di rumah. Seperti halnya, kami mempunyai buku panduan komunikasi yang bisa memantau pendidikan anak saat di rumah,” ujarnya.

Sekolah-sekolah yang berada di bawah naungan JSIT telah memiliki andil prestasi baik di tingkat lokal maupun nasional. Prestasi membanggakan itu menandakan sekolah JSIT berkualitas, maju dan berkembang, hal ini tidak bisa berjalan tanpa dukungan semua pihak, termasuk warga masyarakat.

TRENDING :  Persilat Amankan Poin Penuh

”Spirit dan semangat itulah yang ada di dalam muswil kali ini. Adapun kandidat ketuanya, berdasarkan rapat dengan para formatur yang telah dipilih dari pusat, regional, dan perwakilan masing-masing kabupaten atau kota,” bebernya.

Berbagai acara pendukung lainnya digelar, Sebelumnya sudah diadakan lomba-lomba siswa di masing-masing sekolah. Kemudian, di lokasi muswil, final lombanya dilaksanakan.

Kemeriahan muswil kali ini diikuti sekitar 500 orang. Berbagai hiburan dihelat, diantaranya solo song yang dibawakan Evelyn Nadya Zufaris dan kayla. Serta Rebana dan nasyid dari El Musawwa Group. Di lokasi muswil juga ada kegiatan seminar pendidikan yang diikuti oleh 700 orang.

TRENDING :  Undaan Lor Kembali Gelar Gebyar Maulid dengan Kirab Merah Putih Kemarin

Seminar pendidikan ini turut dihadiri Kadisdikbud Jawa Tengah Gatot Bambang Hastowo yang akan mengupas tentang arah kebijakan pemerintah dalam pelaksanaan pendidikan karakter. Serta Wakil Ketua DPRD Provinsi Jateng yang menjadi pembicara dalam peran masyarakat dalam pengembangan pendidikan karakter. Undangan lainnya juga diberikan kepala sekolah dan yayasan dengan menghadirkan Ketua Umum JSIT Indonesia dengan tema Implementasi pendidikan karakter Sekolah Islam Terpadu menuju Generasi Emas.

Untuk seminar pendidikan hari ini, juga menghadirkan Ketua Yayasan Nurhidayah H. Wiranto tentang manajemen pengelolaan dan pemberdayaan yayasan. (AJ)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post