Spot Baru Replika Rumah Khas Kudus di Museum Kretek Padat Pengunjung

oleh

Kudus, ISKNEWS.COM – Libur natal dan tahun baru 2019 nampaknya dimanfaatkan betul sebagian besar warga Kudus dan sekitarnya. Seperti halnya di Museum Kretek yang terletak di Desa Getas Pejaten Kecamatan Jati Kabupaten Kudus, Selasa (1/1/2019).

Selain wisata tempo dulu (sejarah) dan wahana permainan air waterboom yang sudah ada, kini bangunan Replika Rumah Khas Kudus ikut meramaikan hasanah wisata sejarah di Kudus.

Salah satu pengunjung Muhammad Zamroni, mengaku baru pertama kalinya ke museum setelah sekiaj lama. Menurutnya, spot baru replika semakin digandrungi karena bisa dibuat selfi bagi warga, terutama kawula muda.

TRENDING :  Tukang becak dan tukang ojek sepi penumpang

“Dulunya museum kretek belum seperti ini, dan cenderung terkesan kurang perawatan. Namun, saat ini sudah beda,” ujar warga Jepang Pakis itu.

Sementara itu, Plt. Kepala UPT Museum Kretek, Mutrikah Tika mengungkapkan pembangunan Replika Rumah Khas Kudus saat ini masih dalam tahap finishing. Meski dalam tahap finishing, akan tetapi sudah bisa di nikmati.

TRENDING :  Kolam Pemancingan di Sendang Jodo Terabaikan

Dijelaskan Tika, Replika Rumah Khas Kudus menempati lahan dengan luas kurang lebih 1500 meter. “Spot yang terletak di utara kawasan Waterboom itu menghadirkan lima replika bangunan bersejarah khas Kudus, yakni Rumah Kembar Niti Soemito, Omah Kapal, Masjid Wali Jami’ At Taqwa Loram Wetan dan Kawedanan,” jelasnya saat dihubungi isknews.com

TRENDING :  Masjid Madureksan Salah Satu Masjid Tertua Di Kudus, Yang Akan Tertutupi Oleh Rencana Bangunan Kios DI Areal Taman Wisata Menara

Replika tersebut dibangun dengan anggaran Rp2,9 miliar, pembangunannya dilakukan sejak bulan Oktober lalu. Mutrikah berharap, replika itu dapat menarik antusias masyarakat untuk lebih mengenal dan mencintai kebudayaan yang ada di Kudus.  (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :