Stok PMI Kosong, Keluarga Pasien Kebingungan Cari Darah

oleh
Stok PMI Kosong, Keluarga Pasien Kebingungan Cari Darah
Foto: Seorang wanita yang tengah melakukan donor darah di UDD PMI Kudus, Sabtu (23-06-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Beberapa hari ini stok darah di PMI Kudus sedang kosong. Tak ayal hal ini menimbulkan keresahan bagi keluarga pasien yang tengah membutuhkan donor darah. Pasalnya beberapa keluarga pasien merasa kebingungan untuk menemukan pendonor yang memiliki golongan darah yang sama dengan pasien.

Senada yang tengah dialami oleh Winarto, pria asal Kota Ukir Jepara ini tengah kebingungan mencari pendonor yang memiliki golongan darah dengan keluargaya yang tengah terbaring sakit di RSUD Loekmono Hadi Kudus.

“Dari kemarin kami mecari golongan darah A, namun belum juga ketemu. Dari orang tua dan keluarga pasien telah melakukan cek golongan darah, tetapi hasilnya tidak ada yang bergolongan A,” paparnya saat ditemui isknews.com di depan Kantor UDD PMI Kudus, Sabtu (23-06-2018).

TRENDING :  Pengobatan Demam Berdarah

Hingga saat ini, Winarto dan keluarga masih mencari seseorang yang bisa mendonorkan darahnya untuk saudaranya yang tengah mengalami masalah di lambung dan anemi berat. Dirinya juga sempat memposting pemberitahuan tersebut ke media sosial, tetapi juga belum ada hasil.

“Saya akui mencari orang bersedia donor atau pendonor memang sulit. Ada yang terkendala berat badan, usia maupun penyakit tertentu. Kini saya tersadar, betapa pentingnya dan berharganya darah bagi keberlangsungan hidup seseorang,” ungkapnya.

TRENDING :  Ini Pengakuan Pelaku Penodongan di Bajomulyo Juwana

Praptiningsih, Humas UDD PMI Kudus, yang isknews.com temui di tempat dinasnya, membenarkan jika saat ini stok darah di PMI Kudus sedang kosong. Menanggapi hal tersebut, pihaknya mengaku sudah berusaha maksimal untuk membantu mencari pendonor.

“Saat lebaran seperti ini memang cukup sulit untuk mencari pendonor darah. Karena sejumlah perusahaan, instansi dan sekolah masih libur lebaran. Sedangkan membuka pos donor darah di pusat keramaian juga tidak menghasilkan banyak,” jelasnya.

TRENDING :  Ketua Komisi A DPRD Pati Angkat Bicara Terkait Pelayanan Disdukacapil Pati

Setelah libur lebaran ini, lanjutnya, PMI Kudus telah menjadwalkan kegiatan donor darah di sejumlah tempat untuk melakukan penggalangan darah. Dan berharap melalui kegiatan tersebut, dapat menghasilkan banyak kantung darah untuk memenuhi permintaan darah dari warga.

Sore ini, Winarto mengabarkan jika keluarganya telah mendapatkan donor darah. Dirinya menghimbau kepada masyarakat yang merasa telah memenuhi persyaratan donor untuk bisa mendonorkan darahnya untuk membantu sesama yang membutuhkan.

“Dengan donor darah berarti kita telah berkontribusi menyelamatkan nyawa orang. Jadi jangan ragu untuk donor darah,”(NNC/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :