Sudah Cair Dana Rehab DAK Termin Pertama Untuk SD dan SMP Negeri

Sudah Cair Dana Rehab DAK Termin Pertama Untuk SD dan SMP Negeri

Kudus, isknews.com – Anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK), Tahun Anggaran (TA) 2017 yang diperuntukkan untuk rehab SD dan SMP Negeri di Kabupaten Kudus, untuk termin pertama sudah cair. Besarnya dana yang langsung masuk ke rekening kepala sekolah yang memperoleh proyek bantuan rehab DAK itu, sebesar 30 persen dari jumlah keseluruhan anggaran setiap SD atau SMP. Jumlah SD dan SMP negeri di Kabupaten Kudus yang memperoleh rehab DAK itu, sebanyak 68 unit.

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olah Raga (Disdikpora) Kabupaten Kudus, Joko Susilo, melalui Kepala Seksi (Kasie) Sarana dan Prasarana (Sarpras), M Zubaidi, yang dihubungi isknews.com, Rabu (06/12/17), membenarkan hal itu. Menurut dia, anggaran DAK rehab SD dan SMP negeri untuk termin pertama itu, sudah cair ada pekan lalu.

Foto : Salah satu SDN di Kudus yang menerima bantuan rehab DAK. (Dok.Isknews.com/DM)

“Sesuai petunjuk dan pelaksanaan (juknis), SD atau SMP yang memperoleh rehab DAK, bisa mencairkan anggaran termin pertama itu, apabila pekerjaannya sudah mencapai 50 persen dari target.”
Mengenai jumlah anggaran DAK yang dibeayai dari APBD Perubahan Kabupaten Kudus Tahun Anggaran (TA) 2017, lanjutnya, keseluruhan atau total mencapai sebasar Rp 12,809 miliar. Anggaran sebesar itu dibagi untuk sebanyak 67 unit sekolah negeri, terdiri dari SD 50 unit dan SMP 16 unit.

Baik SD mau pun SMP negeri yang menerima bantuan rehab DAK, tersebar merata di sembilan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kecamatan. Lima diantaranya, memperoleh rehab SD masing-masing sebanyak tujuh unit. Yakni UPT Kecamatan Bae, Gebog, Kaliwungu, Jekulo, dan Kecamatan Undaan.

Sementara untuk UPT Kecamatan Jati memperoleh sebanyak enam unit, Mejobo lima unit, Kecamatan Kota dan Dawe, masing-masing tiga dan satu unit.
“Sedangkan untuk SMP negeri, dari 17 sekolah yang menerima rehab ruang kelas sebanyak tiga lokal hanya satu, yakni SMPN 2 Kaliwungu. Lainya, sebanyak memperoleh bantuan rehab ruang kelas satu lokal, masing-masing sebanyak 8 SMP,” jelas Kasie Sarpras Disdikpora Kabupaten Kudus itu. (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :
TRENDING :  40 Titik LPJU Dioptimalkan Penanganannya

Share This Post