Sudah Mulus Jalan Tembus Peganjaran – Besito Kudus

Sudah Mulus Jalan Tembus Peganjaran – Besito Kudus

Kudus – isknews.com – Jalan Desa Peganjaran, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus yang sebelumnya mengalami kerusakan cukup parah, kini sudah mulus. Sehingga arus lalu lintas warga masyarakat yang setiap hari melewati jalan itu, merasa lancar dan nyaman. Jalan sepanjang sekitar 2,5 kilometer yang statusnya adalah jalan kabupaten itu, meskipun lebarnya hanya 3 meter, namun keberadaannya sangat vital. Terutama bagi warga Dukuh Karangsambung, Desa Besito. Pasalnya, jalan tersebut merupakan akses jalan tembus yang menghubungkan Desa Peganjaran, RW-01 di Kecamatan Bae dengan Desa Besito, di Kecamatan Gebog.

Kepala Desa Peganjaran, Munaji, yang dihubungi isknews.com, Kamis (19/1), membenarkan hal itu. Menurut dia, kerusakan jalan di RW-01 itu sudah berlangsung sejak pihaknya memangku jabatan Kepala Desa Peganjaran. Mengenai upaya perbaikan, karena jalan tersebut statusnya adalah jalan kabupaten, sudah diajukan ke Pemkab. Namun berdasarkan beberapa pertimbangan, diantaranya jalan tersebut yang berada di tengah-tengah lahan persawahan, dan jauh dari pemukiman penduduk, perbaikannya tidak termasuk dalam skala prioritas. “Baru pada TA 2016 kemarin, perbaikan jalan itu bisa direalisasi. Karena statusnya adalah jalan kabupaten, pelaksanaannya oleh dinas terkait dan masuk dalam proyek pemeliharaan jalan, oleh dinas terkait dan beayanya dari APBD Kabupaten Kudus TA 2916.”

Hal itu bisa dilihat berdasarkan yang tertulis di papan proyek yang terpasang di lokasi jalan, pengadaan proyek oleh Dinas Bina Marga Pengairan Energi Sumber Daya Mineral (BPESDM) Kabupaten Kudus, nama kegiatan ; rehabilitasi/pemeliharaan jalan lingkar utara Bae, Kecamatan Bae, besarnya anggaran yang terserap, nilai kontrak Rp 192.427.000, nilai fisik Rp 174.934.538. Sumber dana APBD TA 2016, lama pengerjaan 180 hari kalender, dimulai 17 Oktober 2016.

Dia selanjutnya menjelaskan, pada TA 2017 ini, Desa Peganjaran juga akan mengajukan sejumlah sarana dan prasarana (sarpras) untuk memperoleh proyek pemeliharaan atau perbaikan. Diantaranya yang mendesak adalah gorong-gorong Sungai Tengah yang di sebelah barat traffic light. Sungai Tengah yang melintasi jalan lingkar itu cukup lebar, namun di bawah jalan itu hanya dipasang dua gorong-gorong berjajar yang lebarnya masing-masing hanya 1 meter.

Akbatnya gorong-gorong yang sempit itu rawan tersumbat sampah, sehingga jika Sungai Tengah meluap saat musim hujan, airnya pun meluber ke persawahan di sekitarnya. Petani pemilik lahan sawah itupun ada yang merugi, karena tanamannya mengalami gagal panen.
“Seharusnya di tempat tersebut dibuat jembatan dengan lebar lubang jembatan minimal 3 meter, sehingga arus air bisa lancar. Kami sudah mengajukannya ke Pemkab, sejak 2015 lalu. Tahun ini kami ajukan lagi dan sudah masuk dalam Musrenbang di tingkat kecamatan,” tegas Kades Peganjaran itu. (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :
BACA JUGA :  Gondoarum Peroleh Proyek Pengecoran Jalan Tembus Arah Pati, Senilai Rp 1,987 M

Share This Post

32 Responses to "Sudah Mulus Jalan Tembus Peganjaran – Besito Kudus"

Comments are closed.