Sudah saatnya Pengusaha Terapkan Struktur-Skala Upah

by

Kudus, isknews.com – Pemerintah telah menerbitkan PP No. 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan. Regulasi itu mengatur ketentuan terkait dengan pengupahan diantaranya mewajibkan pengusaha membentuk struktur dan skala upah. Penyusunan struktur dan skala upah itu seharusnya memperhatikan golongan, jabatan, masa kerja, pendidikan dan kompentensi pekerja/buruh.

TRENDING :  Penurunan Harga BBM dan Panen Raya Dorong Deflasi April 2016

Ketua Lembaga Pemerhati Aspirasi Publik, Achmad Fikri, menyampaikan hal itu, saat dihubungi isknew.com, Senin (2/10), di kediamanya. Menurut dia, upah minimum ditujukan untuk pekerja dengan masa kerja kurang dari 1 tahun. Bagi pekerja dengan masa kerja lebih dari 1 tahun besaran kenaikan upahnya dirundingkan secara bipartit antara pekerja dan pengusaha di perusahaan yang bersangkutan berdasarkan struktur dan skala pengupahan.

Dengan dibentuknya struktur dan skala upah diharapkan dapat mewujudkan upah yang berkeadilan; mendorong peningkatan produktivitas di perusahaan; meningkatkan kesejahteraan pekerja/buruh; dan menjamin kepastian upah dan mengurangi kesenjangan antara upah terendah dan tertinggi. “Salah satu tujuan dibentuknya struktur dan skala upah itu untuk menciptakan upah yang berkeadilan.”.

KOMENTAR SEDULUR ISK :