Sudah Selesai Pembangunan Pasar Baru Kudus

Sudah Selesai Pembangunan Pasar Baru Kudus

00Kudus, isknews.com – Pembangunan pasar baru di Kelurahan Wergu Wetan, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, kini sudah selesai seluruhnya dan siap ditempati. Pasar yang dibangun untuk pengganti Pasar Wergu yang menempati stasiun kereta api itu, dibangun di atas tanah seluas 2,5 hektare, menghabiskan anggaran sebesar Rp 22 miliar lebih.

Menurut Ahmad Fatoni, rekanan yang mengerjakan proyek pasar tersebut, saat dihubungi isknews.com, Kamis (22/12), pembangunan pasar yang diberi nama “Pasar Baru” itu, sudah selesai seluruhnya, baik tahap I yang terdiri pembangunan kios-kios di kedua sisi atau sayap bangunan pasar, kantor pasar kamar mandi dan WC,  serta tahap II berupa bangunan los di bagian tengah. Untuk pembangunan tahap I, anggarannya dibeayai dari Bantuan Keuangan Gubernur (Bangub) Provinsi Jawa Tengah TA 2016, sebesar Rp 9,1 miliar. “Bangunan untuk kios semuanya sebanyak enam unit, jumlah kios dengan luas masing-masing 3×4 meter, total sebanyak 138 unit.”

TRENDING :  Jembatan Getassrabi – Klumpit Sudah Bisa Dilewati

Sementara itu, untuk pembangunan tahap II, ungkapnya lanjut, juga sudah siap ditempati. Bangunan itu adalah los sebanyak tiga unit yang berada di bagian tengah bangunan Pasar Baru. Los berukuran masing-masing 16 x 50 meter itu, diperuntukkan bagi pedagang sayur dan sejenisnya. Daya tampung ketiga los ini mencapai ratusan orang. “Untuk pembangunan tahap II ini, anggaran yang dialokasikan sebesar Rp 13 miliar, berasal dai APBD Kabupaten Kudus, TA 2016.

TRENDING :  Rehabilitasi Kantor UPT Pendidikan Jati Kudus Tanpa Keramik Dan Plafon

Ahmad Faton menambahkan, fasilitas pendukung Pasar Baru, berupa areal parkir di bagian depan dan belakang pasar, juga sudah selesai seluruhnya. Termasuk akses jalan dari jalan khusus di muka pasar, sudah dibangun oleh pihaknya, walaupun tidak tercantum dalam Rancangan Anggaran Belanja (RAB). “Jadi pembuatan jalan ukuran lebar 10 meter, panjang 11 meter ini, partisipasi dari rekanan. Anggaranya sekitar Rp 40 juta.”

TRENDING :  Balai Jagong Kudus, Sebuah Ruang Publik Untuk Jagong Kebudayaan

Seperti diberitakan di isknews.com, Pemkab Kudus, melalui SKPD terkait, yakni Dinas Perdagangan dan Pengelolaan Pasar Kabupaten Kudus, membangun pasar baru, untuk mengganti Pasar Wergu Wetan. Anggaran pembangunan itu seluruhnya sebesar Rp 22 miliar lebih, berasal dari dua sumber, yakni Bantuan Keuangan Gubernur Provinsi Jawa Tengah atau Bangub, sebesar Rp 9,1 miliar, yang digunakan untuk pembangunan tahap I, sedangkan untuk tahap II sebesar Rp 13 miliar berasal dari APBD Kabupaten Kudus Tahun Anggaran (TA) 2016. (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post