0

Sudiharti : Pembangunan Pasar Piji Baru, Pedagang Tak Boleh Pindah Tangankan Kios Ke Orang Lain

Kudus, isknews.com – Kepala Dinas Perdagangan dan Pengelolaan Pasar Kabupaten Kudus, Sudiharti, mengatakan akan mengambil tindakan tegas, terhadap pedagang Pasar Piji yang menjual atau memindahkan kiosnya. Hal itu terkait dengan relokasi para pedagang Pasar Piji, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus itu, karena bangunan lama dibongkar total dan akan diganti dengan bangunan yang baru. “Sebelum direlokasi, sudah didahului dengan pendataan semua pedagang, termasuk pemilik kios, sehingga jelas kepemilikannya,” ujarnya, waktu dihubungi isknews.com, saat hadir di rapat paripurna DPRD Kudus, Kamis (19/8).

Menurut dia, dari hasil pendataan oleh pihak Didagsar Kudus, ditemukan cukup banyak kios di Pasar Piji yang tidak dioperasionalkan. Dengan kata lain, kios itu tutup atau tidak ada aktifitas jual beli, ada yang sudah berlangsung berbulan-bulan. Pihak dinas mempunyai data kepemilikan yang jelas, beserta Surat Ijin Pendasaran (SIP) atas nama pemilik atau pedagang yang bersangkutan. “Namun hasil pendataan di lapangan, sejumlah kios digunakan berjualan oleh orang lain, bukan oleh pemiliknya. Apa itu dijual atau disewakan.”

Apa pun alasannya, ungkapnya lanjut, menjual kios atau menyewakan, jelas tidak diperbolehkan. Pasalnya, sesuai dengan kesepakatan antara pihak dinas, pedagang membeli kios itu untuk digunakan sendiri dan SIP yang dikaluarkan pun atas nama pedagang yang bersangkutan. Sehingga tidak diperbolehkan dipindahtangankan ke pihak lain. “Jadi sejarahnya, para pedagang itu membeli untuk digunakan sendiri. Kalau misalnya dia tidak mampu berjualan dan digunakan oleh sanak famili, itu pun harus ada pemberitauan ke dinas,” ujarnya.

Baca Juga :  Kepala Pasar Trangkil Bantah Tuduhan Intimidasi Para Pedagang

Untuk sementara ini, terkait dengan adanya dugaan jual beli kios itu, pihaknya masih mengambil tindakan, pertimbangannya yang penting relokasi berjalan lancar, semua pedagang mendapatkan tempat dan bisa berjualan. Nanti setelah pembanguan Pasar Piji itu selesai, barulah akan dilakukan pendataan terhadap semua pedagang. “Hanya para pedagang yang mempunyai SIP yang boleh berjualan dan mendapatan tempat di Pasar Piji. Pendataan iu penting, karena para pedagang tidak dipungut beaya sepeserpun, saat menempati bangunan Pasar Piji yang baru,” tegas Kepala Dinas Perdagangan dan Pengelola Pasar Kabupaten Kudus itu. (DM)

APA KOMENTAR SEDULUR ISK ?