Sugar Glider, Hewan Kantung Yang Lucu

oleh -1,579 kali dibaca

IMG-20160207-WA0012Kudus_isknews.com – (13/02) Sugar Glider, mungkin yang belum mengetahuinya akan mengira ini sebuah makanan, namun Sugar Glider itu sendiri adalah seekor hewan berjenis marsupial atau hewan-hewan yang memiliki kantong seperti kangguru maupun koala. Nama sugar glider sendiri memiliki maksud hewan tersebut menyukai makanan yang manis dan suka terbang. Sugar berarti manis, Glider berarti pesawat tanpa mesin yang ringan. Sugar glider memiliki badan yang kecil dan memiliki bulu lembut, hewan yang dikenal juga dengan hewan saku karena menyukai tempat-tempat gelap seperti didalam saku maupun tas kecil. Harga sugar glider sendiri berkisar antara 300 ribu hingga 400 ribu untuk jenis biasa serta untuk jenis albino bisa mencapai jutaan rupiah.

Di Kudus sendiri sudah ada komunitas yang memelihara Sugar glider ini, Sugar Glider Regional Kudus itulah nama komunitas pecinta hewan kantung lucu ini.Komunitas ini dibentuk 3 bulan yang lalu tepatnya pada 26 Desember 2015. Pembentukan komunitas ini berdasarkan inisiatif anggotanya yang melihat belum adanya komunitas ini sebelumnya serta keinginan untuk melestarikan Sugar Glider dengan mencoba membudidayakannya. Anggota Sugar Glider Regional Kudus sampai sekarang ini baru berkisar 11 orang sedangkan untuk kumpul rutin Sugar Glider Regional Kudus dilakukan setiap kamis sore dan Minggu sore. Kamis sore dimanfaatkan untuk sharing mengenai sugar glider bagi anggotanya sendiri, sedangkan minggu sore dilakukan untuk perkenalan sugar glider kepada masyarakat umum. Di Kabupaten Kudus, sudah ada peternak yang membudidaya sugar glider, sehingga penggemar sugar glider regional Kudus tidak repot untuk mendapatkan hewan lucu ini serta tetap menjaga kelestarian hewan asal Papua tersebut dengan tidak menangkapnya di alam liar.

Yusron Syarif ketua Sugar Glider Regional Kudus kepada isknews.com menggatakan “Perawatan Sugar Glider cukup mudah, karena hewan ini merupakan hewan pengerat untuk kandang sendiri Sugar Glider menggunakan kandang seperti kandang love bird agar kandang tidak bisa digigit serta kandang harus selalu rutin dibersihkan. Untuk makanan sugar glider diberikan bubur sun rasa pisang, jangkrik, serta ulat hongkong dan untuk kebersihan sugar glider sendiri cukup di basuh dengan tisu basah 2 sampai 3 hari sekali.” (FA)

KOMENTAR SEDULUR ISK :