Sungai Glonggong Meluap, Sejumlah Jalan Di Kecamatan Jakenan Tergenang Bah

oleh -1,004 kali dibaca

Pati, isknews.com (Lintas Pati) – Tidak mampu menampung tingginya debit air, Sungai Glonggong meluap dan mengakibatkan banjir di sepanjang Jalan Raya Jakenan – Winong, turut Desa Glonggong, Kecamatan Jakenan, Pati, Selasa (02/01/2018). Bahkan, ketinggian air di jalan raya mencapai 40 sentimeter.

“Air mulai menggenangi jalan raya sekitar jam 05.00 WIB, tidak ada rumah warga yang terdampak, hanya jalanan saja,” terang Kapolres Pati, AKBP Maulana Hamdan melalui Kapolsek Jakenan, AKP Suyatno.

Dari pantauan di lapangan, air bah menggenangi jalan sekitar Jembatan Glonggong hingga ke Pertigaan Glonggong dengan ketinggian air 30 – 40 sentimeter, sepanjang 500 meter. Sementara di Pertigaan Glonggong hingga Gereja Glonggong air memiliki ketinggian 20 – 30 sentimeter, dengan panjang kurang lebih 400 meter.

“Kami langsung mendatangi titik-titik lokasi bencana, dengan menempatkan petugas untuk mengatur arus lalu lintas,” jelasnya.

Lanjut AKP Suyatno, untuk kendaraan roda empat bisa dengan lancar melalui lokasi yang tergenang banjir. Hanya saja, untuk pengendara sepeda motor harus berhati-hati karena bisa membahayakan pengendara.

Diperkirakan, penyebab banjir akibat air kiriman dari Kecamatan Pucakwangi dan Winong, yang menyebabkan Sungai Glonggong tidak mampu menampung tingginya debit air tersebut.

“Sampai saat ini, banjir sudah mulai surut dan diperkirakan akan hilang atau mengalir ke sungai Glonggong, apabila debit Sungai Glonggong normal dan tidak ada hujan,” pungkasnya. (Wr)

KOMENTAR SEDULUR ISK :